SOLOPOS.COM - Sekolah Al Azhar IIBS di Karangpandan, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, memiliki bangunan mewah dan fasilitas premium bagi para siswa. Foto diambil Kamis (13/6/2024). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR-Meski baru tiga tahun dibuka, peminat siswa bersekolah di Al Azhar International Islamic Boarding School (IIBS) di Karangpandan, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, sangat tinggi.

Para calon peserta didik rela indent, bahkan sejak duduk di bangku taman kanak-kanak (TK). Saat ini ada anak pejabat daerah, anggota DPRD, polisi/TNI, pengusaha hingga artis ibu kota menuntut ilmu di sekolah tersebut.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Pengelola Al Azhar IIBS Karanganyar mengajak wartawan, termasuk Solopos.com, melihat langsung kondisi sekolah Al Azhar IIBS Karangpandan pada Kamis (13/6/2023). Beberapa ustazah memandu wartawan dengan melihat kondisi asrama putri. Di tempat asrama putri ini cukup modern, mewah bak hotel berbintang. Dilengkapi dengan fasilitas pendingin ruangan, setiap kamar terdapat enam tempat tidur yang super empuk.

Kamar itu juga dilengkapi lemari dan meja belajar. Ruang kamar mandinya pun tak kalah mewah dilengkapi fasilitas pemanas air. Begitu juga dengan ruang kelas pembelajaran siswa, dilengkapi fasilitas modern. Siswa menggunakan Ipad untuk pembelajarannya.

Al Azhar International Islamic School di Karanganyar ini menerapkan standar internasional untuk pembelajarannya. Bukan hanya asrama yang mirip hotel, di sekolah ini juga terdapat fasilitas berkuda, berenang dan menanah. Untuk asupan makanan, sekolah menyiapkan ahli gizi dan chef profesional untuk para siswa. Dalam keseharian pembelajaran, menggunakan bahasa Arab dan Inggris. Lokasi asrama dan pembelajaran siswa putra dan putri pun dibuat terpisah.

Pengembangan terus dilakukan oleh pihak sekolah. Selain memperluas bangunan asrama putri, juga pengembangan pembangunan hotel, hall yang akan menampung 1.000 orang, lapangan upacara, dan fasilitas foodcourt.

Director of Enrollment and Information Technology Al Azhar IIBS Ustaz Khilmi Dzulqornain didampingi Director of Internasional Affairs and Public Relation Ustaz Ahmad Zulfikar mengatakan sekolah Al Azhar IIBS di Karangpandan, Karanganyar, menyasar kelompok menengah ke atas. Saat ini ada sebanyak 370 siswa yang menimba ilmu di sana.

“Al Azhar IIBS ini sinergi dan kolaborasi Al Azhar Solobaru dan Pondok Pesantren Isy Karima. Di sini ada SMP dan SMA,” katanya.

Dia mengatakan peminat peserta didik ke Al Azhar IIBS Karanganyar tinggi. Bahkan ada beberapa yang sudah indent sejak TK. Setiap tahun ajaran baru, Al Azhar IIBS membuka dua kelas putra dan dua kelas putri baik tingkat SMP maupun SMA. Dimana jumlah rombongan per kelasnya ada 28 orang.

Dia mengatakan siswa Al Azhar IIBS ada dari anak pejabat daerah, kapolres, anggota DPRD, ustaz terkenal hingga artis ibu kota.

“Di sini ada anak artis Irfan Hakim. Dua anak kembarnya sekolah di sini. Lalu ada anak ustad Felix Siauw, adik kandung penyanyi Via Vallen dan lain-lain,” kata dia.

Uang pangkal bagi peserta didik baru di Al Azhar IIBS ini tidak main-main. Dimana uang pangkal yang harus dibayarkan senilai Rp110 juta per siswa. Kemudian uang SPP Rp6,7 juta per siswa per bulan untuk SMP dan Rp8 juta per siswa per bulan untuk tingkat SMA. Biaya ini sebanding dengan berbagai fasilitas premium di sekolah tersebut.

Belum lama ini, dia mengatakan Al Azhar IIBS memberangkatkan 150 siswa outingclass melalui kegiatan umrah bersama. Selain siswa juga didampingi satu orang tua masing-masing.

“Total 300 orang berangkat umrah ke Tanah Suci. Kami sewa satu pesawat dan satu hotel di sana,” katanya.

Ustaz Ahmad Zulfikar mengatakan di tahun ini merupakan angkatan kelulusan pertama Al Azhar IIBS. Sebanyak 72 siswa akan diwisuda di angkatan pertama ini.

“Alhamdulillah angkatan pertama ini ada yang sudah diterima di Kedokteran Unpad. Kemudian universitas lain di beberapa negara luar,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya