SOLOPOS.COM - Kebakaran hutan Gunung Lawu di wilayah Desa Gondosuli, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah hingga Rabu (30/8/2023) pukul 20.30 WIB belum bisa dipadamkan. (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYARKebakaran hutan Gunung Lawu di wilayah Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar telah padam pada Kamis (31/8/2023) pagi.

Kobaran api masih sempat membara hingga pukul 01.00 WIB. Asper BKPH Lawu Utara, Sartono, mengatakan api sudah padam pagi ini.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Alhamdulillah sudah padam. Rencana giat hari ini menyisir lokasi untuk memastikan api sudah padam dan tidak ada lagi titik api baru,” kata dia kepada Solopos.com.

Sebelumnya, kobaran api diketahui masih membara hingga pukul 01.00 WIB. Namun pagi ini tidak lagi terlihat kepulan asap dari lokasi kebakaran tersebut. Untuk memastikannya, akan dilakukan pengecekan ke lokasi apakah masih ada api atau muncul titik api baru.

“Kami menunggu apel untuk giat bersama Pak Dandim Karanganyar,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, kebakaran hutan Gunung Lawu terjadi sekitar pukul 13.15 WIB. Saat itu, laporan kebakaran diterima dari seorang anggota LMDH Dono Lestari, Nuryono yang tengah beraktivitas di kawasan hutan tersebut.

Dia melihat titik api di kawasan hutan Gunung Lawu petak 42-1 RPH Tlogo Dringo BKPH Lawu Utara yang masuk wilayah administratif Desa Gondosuli, Tawangmangu.

Kemudian, melaporkannya ke KRPH RPH Tlogodringo. Api membakar rumput dan pepohonan rimba jenis accasia decuren. Sartono mengatakan nilai kerugian belum dapat ditaksir.

Tim yang dilibatkan untuk memadamkan kebakaran hutan dari BKPH Lawu Utara, KSKPH Surakarta, Polsek Tawangmangu, LMDH Dono Lestari, MPA Singo Lawu, Babinsa, dan masyarakat sekitar hutan.

“Ada 100 personel yang terlibat dalam pemadaman api ini. Luas lahan yang terbakar 9 hektare masuk di kawasan hutan lindung,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya