SOLOPOS.COM - Ratusan wali murid datangi Dinas Pendidikan Kota Solo untuk melakukan verifikasi akun PPDB, Senin (3/7/2023). (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, SOLO — Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo menerapkan kebijakan baru terkait Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Jalur Zonasi dan Perpindahan TK, SD, dan SMP. Pendaftar dari luar kota sekarang sudah bisa verifikasi akun di sekolah tujuan atau sekolah terdekat.

Semula para peserta dari luar kota diharuskan melakukan verifikasi akun di Kantor Disdik Solo. Namun, melihat antusiasme pendaftar dari luar kota, Disdik Solo menetapkan verifikasi akun bisa dilakukan di sekolah tujuan. 

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Kebijakan tersebut merupakan buntut pihak Disdik Solo kewalahan melayani ratusan wali murid. Pantuan Solopos.com, Senin (3/7/2023) ratusan wali murid mendatangi kantor Disdik Kota Solo. Kebanyakan merupakan wali murid yang berasal dari luar kota seperti Sukoharjo dan Karanganyar.

Kepala Bidang (Kabib) SMP Disdik Kota Solo, Abi Satoto menyebut pendaftar dari luar kota itu diluar perkiraan dinas. Pihaknya memperkirakan hanya bakal ada 200-an pendaftar. Namun dia menyebut sudah ada ribuan calon siswa yang membuat akun dan menunggu verifikasi dari petugas.

“Solusi sementara akan kami alihkan untuk verifikasi akun tidak harus ke kantor Disdik, cukup ke sekolah tujuan masing-masing,” kata dia ketika berbincang dengan Solopos.com di kantornya, Senin.

Kabid SD Disdik Kota Solo, Tarno menyebut langkah itu dilakukan agar petugas tidak kewalahan dan wali murid bisa terfasilitasi dengan maksimal.

“Bahwa ternyata pendaftar luar kota sangat membeludak, Maka untuk mempermudah petugas kami yg terbatas, sudah kami koordinasikan untuk [verifikasi] dilakukan ke sekolah-sekolah terdekat,” kata dia, Senin.

Pelayanan verifikasi di masing-masing sekolah negeri di Solo dibuka per Senin (3/7/2023) mulai pukul 12.00 WIB. Dia menyebut kini orang tua dari luar kota tidak perlu datang lagi ke kantor untuk verifikasi akun.

“[Verifikasi akun] bisa datang ke sekolah terdekat yang ingin dituju, nanti bisa dibantu oleh operator di sekolah, tidak perlu datang ke disdik,” tambah dia. Tarno mengingatkan agar wali murid tidak tergesa-gesa dan tenang untuk mendaftarkan anaknya ke sekolah negeri.

Sesuai jadwal dari Disdik Solo, 3-6 Juli 2023 calon siswa diharuskan melakukan registrasi dengan membuat akun pendaftaran melalui https://ppdb.surakarta.go.id. Calon siswa bakal diminta mendaftar dengan NISN, NPSN dan NIK.

Setelah itu calon siswa harus mengunggah data atau berkas yang disyaratkan sesuai dengan jenjang yang dituju. Jika sudah, calon siswa bakal mendapat akun dan password.

Langkah setelahnya tinggal melakukan verifikasi akun di sekolah terdekat atau sekolah yang dituju pada jam kerja. Peserta juga diharuskan membawa akte kelahiran dan KK asli.

Setelah akun berhasil diverifikasi, pada 4-7- Juli 2023 calon siswa bisa langsung memilih tiga sekolah sesuai ketentuan zonasi. Caranya calon siswa cukup masuk ke laman resmi PPDB Online https://ppdb.surakarta.go.id

Bagi calon siswa yang tidak diterima di semua pilihan dapat melakukan pergantian pilihan sebanyak satu kali selama proses pendaftaran. Waktu yang diberikan Disdik Solo untuk mengganti pilihan yakni 4-7 Juli 2023.

Sedangkan hasil pengumuman bisa dilihat pada laman resmi pada tanggal 11 Juli 2023. Bagi yang berhasil diterima ke sekolah tujuan, calon siswa wajib melakukan daftar ulang pada 11-12 Juli 2023 melalui laman resmi PPDB Online Solo.

Berdasar data yang diterima Solopos.com, daya tampung SMP Negeri di solo sejumlah 6.646 kursi ditambah SMP Khusus Olahraga 64 kursi. Sedangkan lulusan SD Negeri di Kota Solo tahun 2022 mencapai 10.012 siswa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya