SOLOPOS.COM - Ketua Bawaslu Sukoharjo Rochmad Basuki saat ditemui dalam kegiatannya di Solo Baru, Grogol, Sukoharjo, Sabtu (16/12/2023). (Solopos.com/Magdalena Naviriana Putri)

Solopos.com, SUKOHARJO–Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sukoharjo bakal membuka pendaftaran calon anggota panitia pengawas kecamatan (panwascam) untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) Sukoharjo 2024 jalur pendaftar baru di tiga kecamatan. Kuota kebutuhan badan adhoc jalur pendaftar baru sebanyak empat orang.

Bawaslu Sukoharjo telah mengevaluasi kinerja anggota panwascam pada Pemilu 2024 yang mendaftar sebagai panwascam untuk Pilkada Sukoharjo pada 26-27 April. Hasil evaluasi kinerja anggota panwascam ditindaklanjuti dengan rapat pleno rekrutmen anggota panwascam pada Kamis (2/5/2024).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Ketua Bawaslu Sukoharjo, Rochmad Basuki, mengatakan berdasarkan hasil rapat pleno, ada empat anggota panwascam pada Pemilu 2024 yang dinyatakan tidak memenuhi syarat atau TMS. Keempat anggota panwascam itu berasal dari wilayah Kecamatan Kartasura, Kecamatan Mojolaban, dan Kecamatan Nguter. “Evaluasi penilaian kinerja panwascam mengacu pada standar yang ditetapkan Bawaslu Pusat. Ada empat anggota panwascam yang tidak memenuhi syarat. Di Kartasura ada dua orang, kemudian Mojolaban dan Nguter masing-masing satu orang,” kata dia, saat berbincang dengan Espos, Kamis.

Proses rekrutmen calon anggota panwascam jalur pendaftar baru dimulai dengan pengumuman dan pendaftaran pada 3-4 Mei 2024. Kemudian, verifikasi dan penelitian berkas administrasi peserta pada 5-7 Mei.

Hasil verifikasi dan penelitian berkas administrasi peserta bakal diumumkan pada 12 Mei. “Dalam proses rekrutmen anggota panwascam jalur peserta baru melibatkan masyarakat. Mereka bisa memberikan masukan dan tanggapan soal rekrutmen calon anggota panwascam,” kata dia.

Lebih jauh, Rochmad menyampaikan kebutuhan panwascam masing-masing kecamatan sebanyak tiga orang. Total kebutuhan panwascam untuk Pilkada Sukoharjo di 12 kecamatan sebanyak 36 orang. “Untuk sembilan kecamatan lain diisi anggota panwascam pada Pemilu 2024 atau jalur existing. Proses rekrutmen calon anggota panwascam jalur existing diprioritaskan untuk Pilkada Sukoharjo.”

Sementara itu, anggota Divisi SDM, Organisasi dan Diklat Bawaslu Sukoharjo, Dwi Setyono mengatakan para pendaftar jalur pendaftar baru bisa mengirimkan berkas administrasi ke kantor Bawaslu Sukoharjo di wilayah Kelurahan Gayam, Kecamatan Sukoharjo. Bawaslu Sukoharjo tidak membatasi jumlah pendaftar rekrutmen calon anggota panwascam untuk Pilkada Sukoharjo.

“Bisa datang langsung ke kantor Bawaslu Sukoharjo atau mengirim berkas administrasi via pos. Kalau jumlah pendaftar, tidak dibatasi. Nanti ada seleksi tes tertulis dan tahap wawancara,” kata dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya