SOLOPOS.COM - Wakil Wali Kota Teguh Prakosa menunggu perintah dari PDIP untuk maju di Pilkada Solo. (Istimewa/Dokumentasi Pemkot Solo)

Solopos.com, SOLO – Sekretaris DPC PDIP Kota Solo Teguh Prakosa belum mendaftar pada penjaringan bakal Calon Wali (Cawali) dan Calon Wakil Wali (Cawawali) Solo 2024.

Teguh Prakosa menunggu Ketua DPC PDIP Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Mengko keri-keri, kan sampai Mei [masa penjaringan sampai 24 Mei 2024],” jelas Teguh kepada Solopos.com ditemui di Solo Safari, Minggu (14/4/2024) siang.

Ditanya kapan mengambil formulir pendaftaran Cawali-Cawawali Solo 2024 DPC PDIP Kota Solo, Teguh mengatakan akan memberikan kabar.

“Sesuk dikandani. Kan nunggu Pak Rudy [Hadi Rudyatmo] juga,” kata Teguh.

Teguh tidak memberikan banyak penjelasan saat diwawancara Solopos.com mengenai Pilkada Solo.

Pria yang menjabat Wakil Wali Kota Solo ini mengakhiri wawancara dengan masuk ke mobil untuk meninggalkan Solo Safari setelah mengikuti tradisi Syawalan Solo Safari.

DPP PDIP telah memerintahkan DPC PDIP Solo untuk melakukan penjaringan bakal Cawali-Cawawali Solo 2024.

Sejumlah kader PDIP telah mendaftar pada penjaringan DPC PDIP Kota Solo untuk bakal Cawali dan Cawawali Solo 2024.

Mereka antara lain anggota DPRD Solo, Ginda Ferachtriawan, yang menjadi orang pertama yang mendaftarkan diri sebagai bakal calon wali kota Solo lewat DPC, Selasa (9/4/2024).

Selain Ginda, anggota DPRD Kota Solo dari Fraksi PDIP, Wawanto, mendaftar sebagai bakal Cawawali.
Pendaftarannya diterima Ketua Tim Penjaringan Cawali-Cawawali DPC PDIP Solo, Paulus Haryoto.

Sementara itu, F.X. Hadi Rudyatmo, bersama seluruh anggota keluarganya menemui Ketua Umum (Ketum) PDIP, Megawati Soekarnoputri, di Jl Teuku Umar Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (12/4/2024).

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPC PDIP Kota Solo, Her Suprabu, menjelaskan ada pembicaraan politik antara Rudy dengan Megawati.

Sebab saat berpamitan kepada jajaran pengurus DPC PDIP Solo sebelum berangkat ke Jakarta, Rudy bilang akan melaporkan peta Solo.

“Agendanya saya kurang tahu. Yang pasti waktu mau berangkat, pamit, ketemu beliau, untuk ya melaporkan update pemetaan terakhir. Mohon arahan. Detail seperti apa saya belum bisa cerita,” ujar dia, Minggu (14/4/2024).

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan Solopos Institute pada periode Sabtu-Rabu, 16-20 Maret 2024, elektabilitas tiga tokoh mendominasi pencalonan.

Mereka adalah Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa (27,62%), pemimpin Praja Mangkunegaran K.G.P.A.A Mangkunagoro X (24,76%) dan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep.

Total dukungan publik untuk ketiga tokoh itu mencapai 75,62% atau lebih dari tiga perempat.

Sisanya atau kurang dari seperempat dukungan publik terdistribusi ke sejumlah tokoh dengan jumlah yang jauh lebih kecil.

Ada tiga tokoh lainnya dengan elektabilitas di atas 2%, yaitu Ketua DPRD Kota Solo, Budi Prasetyo (4,76%), serta Rektor Universitas Surakarta, Astrid Widayani, dan Ketua DPD Partai Golkar Solo, Sekar Tandjung, yang sama-sama mendapatkan dukungan 3,62%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya