SOLOPOS.COM - Bupati Sukoharjo, Etik Suryani bersama dengan Plt. Dirut Bank Jateng, Irianto Harko Saputro meresmikan Kantor Bank Jateng Cabang Pembantu (Capem) Nguter, Selasa (19/9/2023). (Istimewa/Pemkab Sukoharjo)

Solopos.com, SUKOHARJO — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukoharjo meresmikan Kantor Bank Jateng Cabang Pembantu (Capem) Nguter, Selasa (19/9/2023).

Kantor baru tersebut berada di sisi timur Jalan Raya Nguter-Wonogiri, tepatnya di selatan Kantor Kecamatan Nguter. Peresmian dilakukan oleh Bupati Sukoharjo, Etik Suryani bersama dengan Plt. Dirut Bank Jateng, Irianto Harko Saputro.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Bupati Etik Suryani dalam agenda peresmian kantor capem Nguter ini berharap pelayanan kepada nasabah lebih maksimal dan memberikan yang terbaik. Kerja sama antara Pemkab Sukoharjo dengan Bank Jateng selama ini telah terjalin baik, khususnya dalam pengelolaan keuangan daerah, peningkatan digitalisasi transaksi keuangan daerah, dan sinergi dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemkab Sukoharjo.

“Dengan kantor cabang pembantu yang baru ini, mudah-mudahan pelayanan terhadap nasabah menjadi lebih maksimal, lebih baik, dan tentunya lebih dekat. Karena nasabah tidak perlu lagi jauh-jauh ke Kota Sukoharjo,” ungkap Etik.

Menurut Etik, selama ini kolaborasi antara Bank Jateng khususnya Cabang Sukoharjo dengan Pemkab Sukoharjo sudah terjalin dengan baik, salah satunya melalui dana CSR. CSR dari Bank Jateng sementara ini difokuskan Pemkab Sukoharjo pada pengentasan warga miskin ekstrem, renovasi rumah tidak layak huni (RTLH), serta persoalan stunting.

Selain itu, penggunaan dana CSR ke depan juga akan digunakan untuk pembuatan sumur dalam bagi daerah yang belum memiliki pamsimas. Misalnya di Desa Kedungjambal dan di Desa Watubonang Kecamatan Tawangsari.

“Saya berharap semoga ini dapat menjadi salah satu penggerak bangkitnya perekonomian di Kabupaten Sukoharjo. Sekaligus mampu memberikan kontribusi dalam pembangunan Kabupaten Sukoharjo menuju masyarakat Sukoharjo yang lebih makmur,” harap Etik.

Sementara itu, Plt Dirut Bank Jateng, Irianto, mengatakan kantor capem di Nguter sebelumnya sudah ada, namun saat ini bergeser ke tempat baru yang lebih representatif. Dengan kantor yang lebih baik tersebut, diharapkan turut mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Sukoharjo, khususnya di Nguter.

Di Kabupaten Sukoharjo, Bank Jateng sudah memiliki lima kantor capem, yakni di Tawangsari, Kartasura, Mojolaban, Solo Baru, dan Nguter. Terkait dengan kondisi Bank Jateng secara umum, Irianto mengatakan pertumbuhan kredit Bank Jateng berada di atas rata-rata perbankan di Jawa Tengah, paling tinggi berasal dari sektor UMKM.

“Kami ingin wujud Bank Jateng sebagai Bank Pembangunan Jateng membantu dari sisi produktif masyarakat, salah satunya sektor kredit murah UMKM itu,” jelas Irianto.

Terkait dengan dividen, Irianto mengatakan, laba yang diperoleh Bank Jateng nantinya akan kembali ke daerah, salah satunya diwujudkan dalam bentuk CSR. CSR di Kabupaten Sukoharjo memiliki nilai terbesar ketiga di Jawa Tengah setelah Bank Jateng Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya