SOLOPOS.COM - Camat Banjarsari Beny Supartono Putro menyerahkan seekor kambing untuk TPS unik di wilayah Kecamatan Banjarsari, beberapa waktu lalu. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO—Kecamatan Banjarsari, Solo memberikan tiga ekor kambing untuk Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang paling unik pada penyelenggaraan Pemilu 2024 kali ini.

Kepada Solopos.com yang menghubungi melalui sambungan WhatsApp, Jumat (16/2/2024) Camat Banjarsari, Beny Supartono Putro mengatakan sebelumnya memang diadakan lomba TPS unik di kecamatan Banjarsari. 

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Tiga TPS terbaik diganjar masing-masing satu ekor kambing. Dia mengatakan tim juri sudah tiga TPS terbaik yakni TPS 012 Kelurahan Banyuanyar keluar sebagai Juara I, TPS 003 Kelurahan Timuran ditetapkan sebagai Juara II, dan TPS 055 Kelurahan Banjarsari sebagai Juara III.

Dia mengatakan tim panitia TPS 12 mengangkat tema adat Jawa. Petugas KPPS menggunakan seragam berupa surjan lurik. Tempat pelaksanaanya yang dilakukan di rumah berbentuk joglo juga mempertebal nuansa Jawa.

Lalu TPS 002 mengangkat tema hari kasih sayang atau valentine. Tema itu diangkat lantaran bertepatan dengan hari Valentin. Dekorasinya pun dibuat warna merah muda dan para petugas KPPS menggunakan baju ala koboi. 

Tidak kalah meriah, TPS 055 yang ditetapkan sebagai juara III itu juga mengangkat tema hari kasih sayang. Dekorasi yang digunakan pun juga bernuansa merah muda, termasuk seragam yang dikenakan para petugas KPPS yang memakai kaus pink.

Sedangkan tujuan lomba TPS unik ini, kata Beny untuk memastikan tingkat kehadiran masyarakat ke TPS. Beny mengatakan pihaknya sudah menyerahkan satu ekor kambing ke masing-masing TPS terbaik. Hadiah tersebut diserahkan untuk satu kolompok bukan untuk perorangan.

Sedangkan beberapa hal yang dinilai adalah dekorasi, konsep, hingga seragam yang dikenakan petugas KPPS. Setiap TPS juga diminta membuat video pendek untuk mendokumentasikan antusias dan kemeriahan proses pencoblosan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya