SOLOPOS.COM - Siswa SMPIT Hidayah Klaten menggunakan hak pilih mereka pada pemilihan ketua OSIS menggunakan E-Voting, Sabtu (27/1/2024). (Istimewa/SMPIT Hidayah Klaten)

Solopos.com, KLATEN–Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Hidayah Klaten menggelar pemilihan ketua organisasi siswa intra sekolah (OSIS) di sekolah setempat, Sabtu (27/1/2024). Proses pemilihan dilakukan selayaknya pemilihan umum (pemilu).

Menariknya, proses pemilihan ketua OSIS di SPIT Hidayah Klaten kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yakni menggunakan e-voting atau pemungutan suara secara elektronik. “Penggunaan e-voting dalam proses pemilihan selain memanfaatkan kemajuan teknologi, sekaligus mengurangi penggunaan kertas,” jelas Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Teguh Wahyudi, berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Solopos.com.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Kepala SMPIT Hidayah Klaten, Adi Kurniawan, mengatakan e-voting dilakukan untuk pemilihan ketua OSIS periode 2024/2025. Untuk menggunakan hak suaranya, para pemilih datang ke meja presensi untuk mendapatkan username dan password agar bisa masuk pada aplikasi e-voting.

Para pemilih akan memilih melalui PC yang sudah di-instal aplikasi tersebut. Setelah memberikan suara secara elektronik, pemilih mencelupkan jari ke tinta sebagai tanda sudah menggunakan hak pilih.

Ada tiga pasangan calon (Paslon) ketua dan wakil ketua OSIS pada pemilihan kali ini. Paslon 1 yaitu Fitra Akhsan Karim dan Danendra Nayottama Sakti Pratama. Paslon 2 yakni Atha Yafi Aqila Wibowo dan Roffi Ridwan Al Farisi, dan Paslon 3 Jauza Rozan Diputra dan Mahathir Syakiib Alhafidz. Para pemilih yakni siswa sekolah setempat sebanyak 494 orang serta guru dan karyawan sebanyak 50 orang.

“Para calon menyampaikan visi misi di depan siswa dan guru, Senin [22/1/ 2024]. Masing-masing calon menyampaikan visi misi secara bergantian. Hal ini bertujuan agar siswa lebih kenal dengan calon yang ada sehingga mampu memantapkan dalam memilih esok hari,“ jelas Adi Kurniawan.

Dari hasil e-voting, Paslon 1 Fitra Akhsan Karim dan Danendra Nayottama Sakti Pratama mendapatkan suara terbanyak dengan 257 suara dan terpilih sebagai Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMPIT Hidayah Klaten periode  2024/2025.

Fitra dan Danendra tidak menyangka terpilih dengan suara terbanyak dalam pemilihan tersebut. “Saya sampaikan terima kasih kepada seluruh teman-teman yang sudah memilih. Saya berharap semoga bisa menjadi ketua OSIS yang amanah dan bisa menjadi teladan dan mampu melaksanakan visi misi kami,” kata Fitra.

Pemilihan Ketua OSIS SMPIT Hidayah Klaten dimeriahkan dengan tampilan-tampilan dari setiap kelas, yang bertemakan ke-Islaman dan kebudayaan Sehika Got Tallent serta bazar yang diadakan oleh OSIS dan Dewan Penggalang.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan antusiasme siswa dalam Pemilu Raya OSIS. Kegiatan tersebut digelar sebagai bagian dari implementasi proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan tema Suara Demokrasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya