SOLOPOS.COM - Wali Kota Gibran Rakabuming Raka menyatakan sudah berkoordinasi dengan Keraton Solo dalam penanganan copet termasuk parkir liar dan melebihi ketentuan Pemkot. (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Cuaca panas yang terjadi di Kota Solo, Jawa Tengah, beberapa hari ini membuat Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka meminta maaf.

Hal ini bermula dari keluhan netizen pengguna akun X/Twitter @ViskiPutri yang ditujukan kepada akun X resmi Gibran. Dalam cuitan tersebut, pengguna akun menyebut panasnya Kota Solo luar biasa.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Solo ra umum masss panase @gibran_tweet,” tulis pengguna akun @ViskiPutri dengan mengunggah tangkapan layar suhu Kota Solo yang menunjuukkan 37 derajat Celcius.

Merespons keluhan cuaca Kota Solo yang begitu panas, Gibran meminta maaf karena membuat akhir pekannya menjadi tidak nyaman. “Ya pak. Saya minta maaf jika cuaca ini membuat akhir pekan kurang nyaman,” cuit pengelola akun @gibran_tweet.

Cuaca yang sedang panas-panasnya ini tidak hanya terjadi di Kota Solo, melainkan beberapa daerah di Jawa Tengah. Menurut Kepala Data dan Informasi (Datin) BMKG Jateng Iis Widya Harmoko, cuaca panas di Oktober 2023 memang lebih parah dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya.

“Secara klimatologis memang pada bulan-bulan ini suhunya memang panas. Nanti tertinggi di akhir Oktober, karena gerak semu matahari di posisi September, di atas garis khatulistiwa,” terang dia kepada Solopos.com, Jumat (29/9/2023).

Iis juga menyarankan dalam menghadapi cuaca panas di Kota Solo ini agar lebih banyak mengonsumsi air putih untuk mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Selain itu, juga penting untuk menggunakan tabir surya ketika beraktivitas di luar ruangan.

“Disarankan untuk menjaga kesehatan dengan menggunakan tabir surya, perbanyak minum air supaya tidak dehidrasi. Selain itu, makan dan minum yang bergizi dan istirahat yang cukup,” ujar Iis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya