SOLOPOS.COM - Penampakan bagian depan atau wajah Klaten Town Square di Plasa Klaten, Jl Pemuda, Kecamatan Klaten Tengah, Klaten, Jumat (18/8/2023). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten berpusat di Kota Klaten yang merupakan gabungan dari 3 kecamatan yang ada di Kabupaten Klaten, yaitu Kecamatan Klaten Utara, Kecamatan Klaten Tengah, dan Kecamatan Klaten Selatan.

Melansir dari pn-klaten.go.id yang diakses pada Sabtu (19/8/2023), Kabupaten Klaten memiliki 26 kecamatan yang terbagi atas 391 desa dan 10 kelurahan. Kecamatan tersebut yaitu Kecamatan Prambanan, Gantiwarno, Wedi, Bayat, Cawas, Trucuk, Kalikotes, Kebonarum, dan Jogonalan.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kemudian, Manisrenggo, Karangnongko, Ngawen, Ceper, Pedan, Karangdowo, Juwiring, Wonosari, Delanggu, Polanharjo, dan Karangnom. Lalu, Tulung, Jatinom, Kemalang, Klaten Selatan, Klaten Tengah, dan Klaten Utara.

Menurut data yang dilaporkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Klaten pada tahun 2019, Kabupaten Klaten memiliki luas sebesar 655,56 kilometer persegi. 

Berikut ini merupakan daftar kecamatan tersempit yang ada di Kabupaten Klaten.

1. Klaten Tengah

Kecamatan Klaten Tengah merupakan kecamatan yang memiliki luas tersempit nomor 1 di Kabupaten Klaten.

Menurut data yang dilaporkan oleh BPS Kabupaten Klaten pada tahun 2019, Kecamatan Klaten Tengah memiliki luas 8,92 kilometer persegi. Luas ini merupakan 1,36 persen dari jumlah luas yang ada di Kabupaten Klaten.

2. Kebonarum 

Kecamatan Kebonarum merupakan kecamatan yang memiliki luas tersempit nomor 2 di Kabupaten Klaten. 

Menurut data yang dilaporkan oleh BPS Kabupaten Klaten pada tahun 2019, Kecamatan Kebonarum memiliki luas 9,67 kilometer persegi. Luas ini merupakan 1,48 persen dari jumlah luas yang ada di Kabupaten Klaten.

3. Klaten Utara

Kecamatan Klaten Utara merupakan kecamatan yang memiliki luas tersempit nomor 3 di Kabupaten Klaten. 

Menurut data yang dilaporkan oleh BPS Kabupaten Klaten pada tahun 2019, Kecamatan Klaten Utara memiliki luas 10,38 kilometer persegi. Luas ini merupakan 1,58 persen dari jumlah luas yang ada di Kabupaten Klaten.

4. Kalikotes 

Kecamatan Kalikotes merupakan kecamatan yang memiliki luas tersempit nomor 4 di Kabupaten Klaten. 

Menurut data yang dilaporkan oleh BPS Kabupaten Klaten pada tahun 2019, Kecamatan Kalikotes memiliki luas 12,98 kilometer persegi. Luas ini merupakan 1,98 persen dari jumlah luas yang ada di Kabupaten Klaten.

5. Klaten Selatan

Kecamatan Klaten Selatan merupakan kecamatan yang memiliki luas tersempit nomor 5 di Kabupaten Klaten. 

Menurut data yang dilaporkan oleh BPS Kabupaten Klaten pada tahun 2019, Kecamatan Klaten Selatan memiliki luas 14,43 kilometer persegi. Luas ini merupakan 2,20 persen dari jumlah luas yang ada di Kabupaten Klaten.

6. Ngawen 

Kecamatan Ngawen merupakan kecamatan yang memiliki luas tersempit nomor 6 di Kabupaten Klaten. 

Menurut data yang dilaporkan oleh BPS Kabupaten Klaten pada tahun 2019, Kecamatan Ngawen memiliki luas 16,99 kilometer persegi. Luas ini merupakan 2,59 persen dari jumlah luas yang ada di Kabupaten Klaten.

7. Delanggu 



Kecamatan Delanggu merupakan kecamatan yang memiliki luas tersempit nomor 7 di Kabupaten Klaten. 

Menurut data yang dilaporkan oleh BPS Kabupaten Klaten pada tahun 2019, Kecamatan Delanggu memiliki luas 18,77 kilometer persegi. Luas ini merupakan 2,86 persen dari jumlah luas yang ada di Kabupaten Klaten.

8. Pedan 

Kecamatan Pedan merupakan kecamatan yang memiliki luas tersempit nomor 8 di Kabupaten Klaten. 

Menurut data yang dilaporkan oleh BPS Kabupaten Klaten pada tahun 2019, Kecamatan Pedan memiliki luas 19,17 kilometer persegi. Luas ini merupakan 2,92 persen dari jumlah luas yang ada di Kabupaten Klaten.

9. Polanharjo 

Kecamatan Polanharjo merupakan kecamatan yang memiliki luas tersempit nomor 9 di Kabupaten Klaten. 

Menurut data yang dilaporkan oleh BPS Kabupaten Klaten pada tahun 2019, Kecamatan Polanharjo memiliki luas 23,84 kilometer persegi. Luas ini merupakan 3,64 persen dari jumlah luas yang ada di Kabupaten Klaten.

10. Karanganom 

Kecamatan Karanganom merupakan kecamatan yang memiliki luas tersempit nomor 10 di Kabupaten Klaten. 

Menurut data yang dilaporkan oleh BPS Kabupaten Klaten pada tahun 2019, Kecamatan Karanganom memiliki luas 24,06 kilometer persegi. Luas ini merupakan 3,67 persen dari jumlah luas yang ada di Kabupaten Klaten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya