SOLOPOS.COM - Sejumlah Satgas Cakra Buana PDI Perjuangan meneriakkan yel-yel saat perayaan HUT ke-50 PDI Perjuangan di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Selasa (10/1/2023). HUT ke-50 tahun PDI Perjuangan bertemakan Genggam Tangan Persatuan Dengan Jiwa Gotong Royong dan Semangat Api Perjuangan Nan Tak Kunjung Padam. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa.

Solopos.com, SOLO—DPC PDIP Kota Solo akan mengirimkan 1.000 Satuan Petugas (Satgas) PDIP untuk mengikuti pelatihan dan upacara Puncak Peringatan Bulan Bung Karno Tahun 2023 di Gelora Bung Karno (GKB) Jakarta pada 24 Juni 2023.

Rombongan Satgas DPC PDIP Solo akan dipimpin Ketua DPC PDIP Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, dan Wakil Ketua DPC PDIP Solo Bidang Kehormatan Partai yang juga Koordinator Satgas, Divikom, dan Brigade Motor, Janjang Sumaryono Aji.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Di puncak peringatan Bulan Bung Karno 2023, DPP PDIP menyelenggarakan upacara dan mobilisasi Satgas seluruh Indonesia. Salah satunya Satgas PDIP Solo. Nanti kami berangkat 18 Juni 2023 sore,” ujar dia, Selasa (13/6/2023).

Janjang menjelaskan jumlah Satgas yang dikirimkan DPC PDIP Solo hampir sama dengan Satgas yang dikirim DPD PDIP Jawa Tengah. Agar para Satgas PDIP Solo siap, mereka menjalani gemblengan selama beberapa pekan ini.

Tak main-main gemblengan dilakukan Purnawirawan Tentara Nasional Indonesia (TNI). Materi pelatihan dari baris berbaris, defile, penghormatan, hingga yel-yel. Pelatihan dilakukan untuk benar-benar menyiapkan mereka.

“Bila dulu-dulu pelatihan dilakukan oleh internal kami, kali ini penggemblengan dilakukan oleh Purnawirawan TNI. Karena memang syarat dari DPP seperti itu. Mudah-mudahan teman-teman Satgas segera siap,” urai dia.

Janjang mengatakan penggemblengan dilakukan cukup disiplin untuk membentuk sikap mental dan fisik para Satgas. Bahkan saat pelatihan sampai ada personel yang nyaris pingsan. Namun mereka dinilai bisa menyerap materi.

“Sudah berjalan sepekan lebih, dan ini pekan terakhir. Kemarin sore latihan yang Jebres, meliputi Divikom, Brigade Motor, dan Satgas se-PAC Jebres. Sore ini Satgas Banjarsari, ini latihan dimulai pukul 15.30 WIB,” tutur dia.

Janjang menjelaskan Satgas PDIP mempunyai tugas pokok mengamankan aset-aset dan tokoh partai. Untuk pemberangkatan 1000 Satgas PDIP Solo ke Jakarta menurut dia dengan menggunakan seragam warna hitam-hitam.

“Insya Allah nanti berangkat lengkap dengan seragam hitam-hitam. Seragam baru. Kemarin dari DPC PDIP Solo kan seragam doreng. Kalau ini nanti seragam hitam. Solo luar biasa, Pak Rudy luar biasa, kirim 1.000 Satgas,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya