SOLOPOS.COM - Tim gabungan SAR dan sukarelawan berbagai organisasi melakukan evakuasi terhadap dua pendaki di Gunung Lawu pada Senin (1/1/2024).(Istimewa/SAR Surakarta)

Solopos.com, KARANGANYAR — Dua pendaki Gunung Lawu yang mengalami hipotermia berhasil dievakuasi oleh tim gabungan SAR bersama sukarelawan berbagai organisasi pada Senin (1/1/2024).

Dua pendaki masing-masing bernama Desita Wening H, 17, warga Gulon, Karangasem, Kecamatan Laweyan, Kota Solo dan Ria Restu R, 16, warga Plesungan, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar tiba di pos jalur pendakian Cemoro Kandang Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar pukul 08.00 WIB. Saat ini kedua pendaki sudah dibawa ke RSUD Karanganyar untuk mendapatkan perawatan medis.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Koordinator Badan Search And Rescue Nasional (Basarnas) Pos SAR Surakarta, Arief Sugiyarto mengatakan dua pendaki tersebut mendaki bersama rombongannya yang berjumlah sembilan orang. Mereka mulai melakukan pendakian sejak Minggu (31/12/2023) pagi.

Kedua pendaki memang sudah sejak awal merasakan sakit namun tetap nekat melakukan pendakian. Hingga sampai di pos 3, keduanya mengalami gejala hipotermia.

Sekitar pukul 21.00 WIB, salah stay rombongan melaporkan ke basecamp. Cemoro kandang. Kemudian dilakukan operasi sar untuk evakuasi kedua pwndaki tersebut. “Dua pendaki selamat dan sekarang dibawa ke RSUD Karanganyar untuk perawatan lebih lanjut, ” katanya.

Dengan demikian, dia menambahkan operasi SAR dinyatakan ditutup dan tim gabungan yang terlibat dikembalikan ke satuan masing-masing.

Koordinator Lapangan Bidang Destinasi Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Karanganyar, Nardi menyampaikan relawan disiagakan di jalur pendakian Gunung Lawu wilayah Kabupaten Karanganyar bertepatan dengan momen pergantian tahun baru.

Dia mengatakan ada ratusan orang pendaki yang melakukan pendakian ke Gunung Lawu baik melalui jalur Candi Cetho, Kecamatan Jenawi, Cemoro Kandang Kecamatan Tawangmangu maupun Babar Kecamatan Ngargoyoso.

“Kami tempatkan relawan di sejumlah titik sepanjang jalur pendakian hingga Puncak Gunung Lawu,” katanya.

Dia mengatakan sukarelawan disiagakan, di Hargo Dalem, Pos 3, dan Gupak Menjangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya