SOLOPOS.COM - Poster informasi festival Saparan di Pucang, Ngargosari, Ampel, Boyolali. (Istimewa)

Solopos.com, BOYOLALI — Festival Hasil Bumi Saparan di Dukuh Pucang, Desa Ngargosari, Kecamatan Ampel, Boyolali, bakal berlangsung seru dan gayeng pada Minggu (10/9/2023). Festival ini akan dimeriahkan aksi prajurit Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Ketua panitia Festival Hasil Bumi Saparan Dukuh Pucang, Sutiyo, mengatakan kegiatan ini akan dimulai pukul 08.00 WIB di dukuh setempat didahului dengan upacara. Kemudian dilanjutkan dengan arak-arakan kirab mulai pukul 09.00 WIB yang berakhir di Lapangan Pucang.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Selain dimeriahkan prajurit Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, festival ini juga akan dimeriahkan kirab hasil bumi, kirab gunungan, kirab budaya seperti reog, tari, serta musik angklung.

“Peserta kirab ada dari masyarakat Dukuh Pucang, ditambah dukuh lain yang masih satu [naungan] kadus, itu ada empat dukuh,” kata dia kepada Solopos.com, Jumat (8/9/2023).

Tiyo mengajak seluruh masyarakat untuk bisa menonton Festival Hasil Bumi Saparan di Dukuh Pucang, Ngargosari, Ampel, Boyolali. Acara bisa ditonton gratis tanpa harus membayar tiket masuk.

Ia mengatakan ini adalah kali pertama Dukuh Pucang mengadakan festival budaya dengan menggandeng prajurit keraton. Tiyo menjelaskan prajurit keraton sengaja digandeng karena harapannya saparan akan lebih meriah dan sakral.

“Sebenarnya hubungan Dukuh Pucang dengan Keraton itu enggak ada. Cuma kebetulan yang dinas di SMPN 6 Boyolali ada yang mengabdi di Keraton Solo. Beliau menawarkan kalau seandainya mau ada kirab itu keraton siap membantu,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya