SOLOPOS.COM - Untung Wina Sukowati (kedua dari kanan) saat bersilaturahmi dan dialog dengan buruh di Cengkir Gading Resto, Karangmalang, Sragen, Minggu (5/5/2024) sore. (Istimwa)

Solopos.com, SRAGEN — Bakal calon bupati Sragen Untung Wina Sukowati terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat Sragen. Kini Wina menggelar silaturahmi dan dialog bersama Sahabat Buruh Sragen di Cengkir Gading Resto, Karangmalang, Sragen, Minggu (5/5/2024) sore.

Wina mengatakan silaturahmi dan dialog bersama buruh penting dilakukan. Hal ini karena banyak pabrik dan buruh di Sragen yang menjadi pilar ekonomi di Bumi Sukowati.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Saya ingin ketahui kondisi sesungguhnya di Sragen, khususnya buruh. Saya sangat memahami bagaimana bapak ibu selama ini berjuang untuk keluarga,” ujar Wina saat berdialog dengan buruh.

Perkataan putri mantan Bupati Sragen Untung Wiyono ini terkait dengan keluhan para buruh, seperti gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK), hak-hak untuk perempuan yang diabaikan, permasalahan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan, serta konsekuensi UU Cipta Kerja Omnibus Law. Wina menegaskan tidak suka obral janji atau memberikan PHP kepada buruh.

“Pada intinya saya ingin tahu kondisi real dan saya belajar dari bapak-ibu. Posisi kita itu equal, sama, dan saya mau mendengarkan. Saya percaya saat bernegosiasi tidak bisa menang semua atau kalah semua, tapi ada win-win solutions,” kata dia.

Pada kesempatan itu, Wina mengusulkan ada forum yang membahas permasalahan buruh di Sragen. Guna mengatasi buruh yang di PHK pada usia 40-an, dia mengusulkan para buruh memiliki skill seperti membuat kue, snack, hingga jualan online.

“Saya percaya ibu-ibu mintanya diuwongke. Jadi kalau ada masalah hukum terkait buruh, kita bisa bahas dan cari solusi bersama,” kata Wina.

Di acara dialog itu, Wina mendapatkan apresiasi dari para buruh. Tokoh masyarakat Sragen, Andang Basuki, memuji langkah Wina yang mau menyerap aspirasi para buruh.

“Baru kali ini dalam pilkada Sragen ada bakal calon bupati yang mau mendengar buruh. Saya sangat respek. Mencoba mendengar [dari para buruh] itu suatu yang luar biasa. Selama ini calon hanya mengungkapkan visi misi yang membuat bosan. Makanya kami dukung pencalonan mbak Wina,” kata Andang Basuki.

Selain Andang, tokoh buruh yang hadir dalam silaturahmi dan dialog itu adalah Murjioko, Ketua Dewan Pengurus Daerah SBSI 1992 Jateng, Eko Suprianto, Aditya Dimas Pradana, Yuni tokoh perempuan buruh Sragen, dan Agus Sudibyo.

Untung Wina Sukowati bersilaturahmi dan berdialog dengan buruh
Untung Wina Sukowati (ketujuh dari kiri duduk di baris tengah) berfoto bersama. (Istimwa)

Para buruh menyampaikan unek-unek mereka seperti UMK Sragen yang selalu kalah dan lebih rendah dibandingkan Karanganyar, serta pengawas tenaga kerja yang saat ini ditarik dari kabupaten ke provinsi. Hal tersebut dinilai melemahkan pengawasan terhadap hak-hak buruh.

Para buruh yang mengikuti dialog selama ini menyayangkan para bupati jarang menemui buruh ketika ada permasalahan soal buruh. Biasanya para buruh hanya dihadapi oleh kepala dinas tenaga kerja yang sering tidak mampu menyelesaikan permasalahan.

“Permasalahan yang kita adukan ke dinas sering tidak ada titik terang. Permasalahan menumpuk dan kami tidak dibayar. Tolong permasalahan buruh lebih diperhatikan. Enggak ada yang membela rakyat, padahal kita mau makan saja susah,” keluh buruh perempuan Sragen, Siti Romadona.

Siti meminta agar peradilan hukum terkait buruh dipindah dari Semarang ke eks keresidenan Surakarta atau Soloraya. Selama ini buruh harus menanggung biaya dan waktu yang tidak sedikit saat memperjuangkan hak-hak buruh di ibu kota Provinsi Jateng tersebut.

Pada akhir acara, sekitar 100 buruh yang hadir menyerukan dukungan kepada Wina maju dalam kontestasi Pilkada Sragen pada 27 November 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya