SOLOPOS.COM - Tiga ekor bayi harimau Benggala koleksi Solo Safari yang bisa disaksikan mulai Kamis (11/4/2024). (Istimewa/Solo Safari)

Solopos.com, SOLO – Bagi Anda wisatawan yang berkunjung ke Solo Safari saat momen mudik Lebaran 2024, kini bisa melihat bayi harimau Benggala secara langsung.

Sebab selain Solo Safari kini bertambah satwa dengan lahirnya tiga ekor bayi harimau Benggala (panthera tigris), Solo Safari juga sedang melakukan fase habituasi pada bayi harimau benggala yang dilakukan mulai 11 April 2024. Pengunjung bisa melihatnya per pukul 13.30 WIB di Solo Safari.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Adapun fase habituasi adalah masa pembiasaan pada hewan untuk mampu menyesuaikan diri dan menjadi terbiasa pada habitatnya. Nantinya, animal keeper akan membawa tiga bayi harimau keluar di area khusus yang telah disiapkan agar kenyamanan mereka dan keamanan pengunjung terjaga.

General Manager Solo Safari Shinta Adithya mengatakan, pengunjung memang bisa melihat bayi harimau secara langsung di luar kandang. Namun pengunjung tidak bisa menyentuh bayi harimau. Nantinya, akan ada petugas kebun binatang yang membawa atau pun menggendong bayi harimau selama masa habituasi di luar kandang.

“Hanya bisa dilihat ya, tidak boleh pegang,” kata Shinta saat dihubungi Solopos.com melalui pesan WhatsApp, Kamis (11/4/2024) malam.

Tiga ekor bayi harimau Benggala koleksi Solo Safari yang bisa disaksikan mulai Kamis (11/4/2024). (Istimewa/Solo Safari)

Ketiga ekor bayi harimau Benggala itu lahir pada 2 Maret 2024 lalu. Ketiganya jantan dan masih menyusu dengan induknya. Ketiganya menjadi pelengkap koleksi harimau Benggala Solo Safari sehingga kini ada enam ekor harimau Benggala.

Shinta melalui keterangan tertulisnya mengatakan, ketiga bayi harimau merupakan hasil kembang biak pertama pasangan harimau Benggala Solo Safari bernama Randy jantan berusia 14 tahun dan Rasna betina berusia 9 tahun.

Kelahiran tiga bayi harimau menurutnya menjadi momentum yang berharga. Sebab, selain menambah jumlah satwa di Solo Safari, penambahan satwa juga menjadi harapan baru bagi pelestarian spesies harimau Benggala yang terancam punah.

Setidaknya Solo Safari bersama koleksi satwa harimau benggalanya dapat memberikan kontribusi penting bagi upaya konservasi.

Solo Safari berkomitmen terhadap pelestarian satwa liar, terutama spesies yang terancam punah. Salah satunya harimau benggala yang menurut Shinta merupakan spesies harimau terbesar kedua di dunia.

Kelahiran ini menjadi bagian dari program pelestarian yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan dukungan terhadap pelestarian satwa liar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya