SOLOPOS.COM - Petugas Damkar Satpol PP dan Damkar Klaten ikut karnaval pembangunan di sepanjang Jl Veteran-Jl Pemuda Klaten, Minggu (20/8/2023). (Istimewa)

Solopos.com, KLATEN — Tak kalah meriah, karnaval pembangunan yang diikuti berbagai instansi pemerintah dan perusahaan menarik ribuan pasang mata di sepanjang Jl Veteran-Jl Pemuda, Klaten, Minggu (20/8/2023) siang.

Total ada 40 kontingen dari berbagai instansi yang masing-masing menampilkan simbol eksistensi dan potensi yang dimiliki. Karnaval pembangunan kali ini diikuti dari organisasi perangkat daerah (OPD) atau dinas-dinas, instansi lainnya, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), hingga perusahaan.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Berbeda dengan karnaval budaya yang digelar sehari sebelumnya, Sabtu (19/8/2023), pada karnaval kali ini masing-masing kontingen menampilkan kendaraan hias dengan aneka bentuk.

Seperti rombongan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) yang membawa mobil hias serbahijau dilengkapi dengan ornamen berbentuk daun serta gambar tempat sampah. Selain itu, kendaraan dihiasi replika piala Adipura yang diterima Klaten belum lama ini.

Sementara itu, kontingen Komisi Pemilihan Umum (KPU) Klaten memeriahkan karnaval pembangunan itu dengan menghias kendaraan menyerupai kotak suara sambil menyosialisasikan Pemilu 2024. Rangkaian kegiatan karnaval itu menyedot perhatian penonton di sepanjang tepi jalan.

“Kegiatan hari ini karnaval pembangunan dan luar biasa diikuti 40 kontingen yang tampil sangat menarik dan masyarakat sangat antusias untuk menyaksikan,” kata Bupati Klaten, Sri Mulyani, saat ditemui wartawan seusai karnaval.

Mulyani mengatakan rangkaian kegiatan tersebut termasuk karnaval budaya yang digelar pada Sabtu dimaksudkan sebagai ungkapan rasa syukur memperingati HUT ke-78 RI sekaligus rangkaian peringatan Hari Jadi ke-219 Kabupaten Klaten.

“Masing-masing kontingen tampil dengan hiasan inovasi masing-masing termasuk prestasi yang sudah diperoleh baik dari tingkat nasional maupun provinsi. Seperti dari DLH tadi ada [replika] piala Adipura,” kata Mulyani mengenai karnaval pembangunan di Klaten.

Sebelumnya, karnaval budaya sukses digelar di sepanjang ruas Jl Veteran hingga Jl Pemuda Sabtu (19/8/2023) siang. Ada 29 kontingen yang ikut menyemarakkan arak-arakan karnaval yang menempuh jarak sekitar 2,5 kilometer (km) tersebut.

Pantauan Solopos.com, Sabtu, peserta karnaval budaya berangkat dari Taman Lampion, Kecamatan Klaten Utara, hingga tiba di panggung kehormatan di depan Rumah Dinas Bupati Klaten.

Di panggung kehormatan, masing-masing kontingen menampilkan tarian hingga atraksi. Kontingen berasal dari 26 kecamatan serta kelompok masyarakat dan sekolah. Masing-masing kontingen menampilkan aneka kesenian mulai dari reog, jathilan, gedruk, marching band, barongsai, hingga angklung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya