SOLOPOS.COM - Para pedagang di Pasar Boyolali Kota melayani konsumen di H-1 Lebaran, Selasa (9/4/2024).

Solopos.com, BOYOLALI — Sehari menjelang Lebaran, Selasa (9/4/2024), harga daging ayam dan sejumlah komoditas pangan di Boyolali, Jawa Tengah meningkat. Sementara kondisi pasar sudah terlihat ramai.

Salah satu pedagang daging ayam di Pasar Boyolali Kota, Suranto, mengatakan jika per hari ini, harga daging ayam meningkat menjadi Rp42.000/kg. Dia mengatakan sejauh ini untuk stok barang tidak mengalami persoalan.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Kalau barang sebenarnya ada. Tapi kalau Lebaran seperti ini kan permintaan lebih banyak, jadi juga berpengaruh ke harga,” jelas dia saat ditemui Solopos.com di Pasar Boyolali Kota.

Dia menyebut, saat puasa kemarin harga daging ayam ras ada di harga sekitar Rp38.000/kg. Kemudian seiring mendekati Lebaran, harganya meningkat, meskipun menurutnya tidak banyak. Sebab menurut pengalamannya di tahun-tahun sebelumnya, peningkatan harga daging ayam saat menjelang Lebaran bisa langsung mencapai Rp5.000/kg.

Dia mengatakan untuk kondisi pasar mulai terasa ramai dikunjungi masyarakat sejak Senin (8/4/2024). Namun sepertinya puncaknya terjadi pada Selasa.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, baik di Pasar Boyolali Kota maupun Pasar Sunggingan, kondisinya ramai pengunjung. Harga komoditas pangan lainnya, juga ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga. Misalnya saja bawang merah, bawang putih dan daging sapi.

Untuk harga bawang putih kating, untuk harga ecerannya meningkat sekitar Rp3.000/kg, menjadi sekitar Rp60.000/kg. Kemudian untuk harga bawang merah sekitar Rp50.000/kg, yang sebelumnya pernah di harga Rp44.000/kg.

Sementara harga aneka cabai, salah satu pedagang, Sumar, mengatakan jika saat ini harga cabai masih cenderung stabil. Untuk harga cabai rawit merah dan cabai merah keriting masih bertahan di harga Rp30.000-Rp40.000/kg. Sedangkan untuk cabai merah besar bisa mencapai Rp80.000/kg.

“Untuk cabai rawit merah besar memang beda, biasanya saat musim Lebaran sama musim hajatan, banyak dicari,” kata dia.

Kemudian untuk harga daging sapi, juga mengalami peningkatan. Jika biasanya ada di harga 140.000/kg, pada Selasa naik menjadi Rp150.000/kg.

Sementara jika melihat dari daftar harga yang disampaikan di https://www.bi.go.id/hargapangan, untuk harga ayam ras di Boyolali pada Selasa sekitar Rp38.000/kg. Untuk harga bawang merah ukuran sedang dan bawang putih ukuran sedang masing-masing Rp45.000/kg dan Rp42.500/kg. Untuk harga daging sapi sekitar Rp127.500-Rp132.500/kg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya