SOLOPOS.COM - Tiga unit truk mengangkut logistik Pemilu 2024 dari kantor Kecamatan Boyolali menuju sembilan desa/kelurahan di wilayah kecamatan tersebut, Senin (12/2/2024). (Istimewa/PPK Boyolali)

Solopos.com, BOYOLALI — Logistik untuk Pemilihan Umum atau Pemilu 2024 telah selesai didistribusikan ke 267 desa/kelurahan di Boyolali pada Senin (12/2/2024) atau H-2 pemungutan suara yang akan digelar Rabu (14/2/2024). Dari desa/kelurahan, logistik itu akan didistribusikan ke 3.409 tempat pemungutan suara (TPS) se-Boyolali.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Boyolali, Maya Yudayanti, menyampaikan seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) telah mengirimkan logistik ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) di desa/kelurahan. PPK mulai mengirimkan logistik ke PPS desa/kelurahan pada Minggu-Senin (11-12/2/2024).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Besok serentak semua PPS akan menyalurkan logistik ke TPS, waktunya ada yang pagi dan sore, bervariasi, tapi memang besok,” kata dia.

Mendekati hari H pencoblosan, Maya meminta seluruh panitia penyelenggara Pemilu untuk menjaga kesehatan di tengah ritme bekerja yang semakin sibuk jelang Pemilu. “Jaga asupan makanan, jaga kesehatan, dan stamina di masa penyelenggaraan Pemilu,” kata dia.

Sementara itu, salah satu anggota KPPS dari TPS 8 Candigatak, Cepogo, Boyolali, Luqman Hakim, 21, mengatakan jelang Pemilu 2024 ini mulai menjaga kesehatan. Ia menjelaskan kegiatannya sebagai anggota KPPS mulai bertambah seiring makin dekatnya hari pencoblosan.

Luqman mengaku sepekan ini sudah mulai bekerja seperti menulis undangan untuk pemilih. Lalu mencari-cari alat kerja di TPS seperti printer, membangun brak atau tenda di TPS, dan lain-lain.

“Untuk menjaga kesehatan akhir-akhir ini tentunya saya minum vitamin C yang cukup. Kemudian istirahat yang cukup. Juga sebisa mungkin menghindari berkendara sepeda motor saat hujan,” kata dia.

Berdasarkan catatan Solopos.com, KPU Boyolali mulai mendistribusikan logistik Pemilu ke PPK di 22 kecamatan pada Senin (5/2/2024) dan selesai pada Jumat (9/2/2024). Pengiriman logistik diawali dengan empat kecamatan terjauh seperti Juwangi, Wonosegoro, Kemusu, dan Wonosamodro.

Selanjutnya, PPK mengirim logistik ke PPS di desa-desa dan kelurahan pada Sabtu-Senin (10-12/2/2024). Kemudian, dari desa ke masing-masing TPS dijadwalkan pada Selasa (13/2/2024).

Ketua PPK Boyolali, Sopan Yuli Wijaya, menjelaskan pengiriman logistik ke sembilan desa di wilayah Kecamatan Boyolali, menggunakan tiga unit truk bak tertutup. Sembilan desa yang disasar yaitu Penggung, Winong, Pulisen, Siswodipuran, Mudal, Kebonbimo, Karanggeneng, Kiringan, dan Banaran.

“Ada dua desa yang logistiknya harus kami turunkan di luar kantor desa karena truknya tidak bisa masuk soalnya ada gapuranya, ada Winong dan Mudal. Setelah diturunkan di luar balai desa, kami angkut manual,” kata dia.

Ia menargetkan seluruh logistik sebanyak 1.140 kotak suara bisa selesai dikirimkan pada Senin. Setiap pengiriman logistik juga dilengkapi keamanan dari Babinsa dan Bhabinkamtibmas masing-masing desa atau kelurahan.

“Kami mulai mendapatkan logistik pada 9 Februari 2024 dan kami simpan di aula kecamatan. Lalu, kami distribusikan ke desa/kelurahan di Kecamatan Boyolali pada Senin ini,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya