SOLOPOS.COM - Pendakwah Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf didampingi sejumlah kiai memimpin selawat di Masjid Raya Sheikh Zayed, Solo, Kamis (31/8/2023) malam. (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Pendakwah Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf memimpin Selawat Tasyakuran Kemerdekaan di Masjid Raya Sheikh Zayed, Solo, Kamis (31/8/2023) malam. Doa melalui selawat diyakini dapat memberikan kebaikan untuk Indonesia dan Uni Emirat Arab (UEA).

Panggung selawat berada di serambi tengah Masjid Raya Sheikh Zayed. Area itu dipenuhi jemaah dengan pakaian putih. Tak ada bendera maupun atribut lain yang dibawa. Habib Syech ke panggung sekitar pukul 08.07 WIB.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Hadir dalam Selawat Tasyakuran Kemerdekaan, antara lain Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka; Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa; Imam Besar Masjid Sheikh Zayed Solo, KH Abdul Rozaq Shofawi; salah satu imam Masjid Sheikh Zayed Solo sekaligus Pengasuh Pondok Pesantren Az-Zayadiyy Laweyan, KH Abdul Karim atau Gus Karim.

Selanjutnya, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Solo, Nugroho Joko Prastowo; Direktur Operasional Masjid Raya Sheikh Zayed, Munajat; Wakil Direktur Operasional Masjid Raya Sheikh Zayed, Bagus Sigit Setiawan; dan tiga orang utusan dari UEA, salah satunya pengurus Masjid Raya Sheikh Zayed Sultan Faisal.

Munajat menjelaskan pengurus  ingin menggelar selawat bersama Habib Syech sejak lama namun baru bisa dilaksanakan setelah Masjid Raya Sheikh Zayed sudah dibuka lima bulan.

Munajat mengajak jemaah untuk datang beribadah ke Masjid Raya Sheikh Zayed. Ada sejumlah kegiatan rutin yang telah disiapkan berupa kajian-kajian. Salah satunya kajian bersama Gus Karim.

Selawat yang kali pertama di Masjid Raya Sheikh Zayed itu terasa istimewa sebab ada tiga orang utusan UEA yang hadir. Mereka kagum dengan selawat bersama Habib Syech namun belum pernah mendapatkan pengalaman langsung sebelumnya.

Sultan Faisal mengatakan selamat kepada warga yang memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Indonesia. Dia berharap doa melalui selawat bisa membawa kebaikan dan berkah bagi Indonesia maupun UEA.

Sementara itu, Nugroho, mengatakan selawat itu digelar oleh Bank Indonesia bekerja sama dengan Masjid Raya Sheikh Zayed dan Pemkot Solo. Ada puluhan ribu orang berkunjung ke Masjid yang dibuka untuk umum per 1 Meret 2023 itu setiap hari.

“Masjid ini harus membawa kemakmuran dan kesejahteraan bagi masyarakat sekitarnya,” jelasnya.

Menurut dia, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo telah menggelar lomba desain merchandise untuk oleh-oleh pengunjung Masjid Raya Sheikh Zayed. Produk itu diharapkan dapat menggerakkan UMKM sekitar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya