SOLOPOS.COM - Ketua DPRD Karanganyar, Bagus Selo. (Candra Mantovani/Solopos)

Solopos.com, KARANGANYAR — Menapaki Hari Jadi ke-73, Rabu (24/1/2024), DPRD Kabupaten Karanganyar memprioritaskan program kerjanya dalam perbaikan infrastruktur jalan. Selain itu mereka juga mengedepankan program pelayanan dasar bidang kesehatan dan pendidikan.

Dengan mengusung tema Gotong Royong Bersama untuk Kemajuan dan Persatuan, DPRD Karanganyar menekankan persatuan dan kesatuan di tahun politik 2024.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Ketua DPRD Karanganyar, Bagus Selo, mengatakan ulang tahun ini merupakan tahun terakhir bagi 45 anggota DPRD yang masa jabatannya segera berakhir. Di tahun ini pula berlangsung Pemilu yang harus dijaga bersama-sama agar situasi tetap kondusif. Ia berharap tidak ada konflik maupun perpecahan meski berbeda partai politik (parpol) dan pilihan.

“Kami berharap lembaga legislatif, eksekutif, dan yudikatif dapat bersinergi, bekerja bersama-sama menghasilkan karya nyata sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat Karanganyar,” katanya selepas Sidang Paripurna Peringatan Hari Jadi DPRD Karanganyar di kantornya.

Sidang Paripurna dihadiri pimpinan Dewan, Penjabat (Pj) Bupati Karanganyar Timotius Suryadi, jajaran Forkopimda, seluruh anggota DPRD, pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), dan pimpinan BUMD. Hadir pula mantan Bupati Karanganyar, Juliyatmono.

Dalam kesempatan itu, Bagus Selo juga mengingatkan pentingnya bagi aparatur sipil negara (ASN), TNI, dan Polri menjunjung tinggi netralitas. Disinggung capaian kinerja lima tahun DPRD Karanganyar, Bagus Selo mengatakan para wakil rakyat telah melaksanakan tugas pokok dan fungsinya (tupoksi). Di antaranya membentuk Peraturan Daerah bersama-sama Bupati, membahas dan memberikan persetujuan rancangan Peraturan Daerah mengenai Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Selain itu, sambungnya, melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan peraturan daerah dan APBD. “Di tahun ini fokus pada program perbaikan infrastruktur jalan. Ini menjadi perhatian eksekutif karena tahun-tahun kemarin fokus untuk pembangunan gedung,” kata Bagus.

Wakil Ketua DPRD Karanganyar, Toni Hatmoko, mengatakan lembaganya mampu menyelesaikan penyusunan dan penetapan delapan hingga 10 perda setiap tahunnya. Dua di antaranya produk perda inisiatif DPRD.

DPRD juga akan menggenjot sektor pariwisata di Karanganyar yang selama ini menjadi rujukan wisatawan berbagai daerah. Tempat-tempat wisata di Bumi Intanpari dalam beberapa tahun terakhir tumbuh pesat. Sayangnya, tanpa diiringi dengan perencanaan matang. Promosi juga dinilai masih minim sehingga perlu mendapat perhatian bersama.

“Kami akan dorong itu [promosi wisata dan perencanaan],” katanya.

Dia mengatakan rangkaian kegiatan dalam rangka HUT DPRD telah dilakukan seperti ziarah ke Astana Mangadeg dan anjangsana ke para mantan pimpinan DPRD.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya