SOLOPOS.COM - Suasana Pasar Legen, Desa Bonyokan, Kecamatan Jatinom yang menjadi pusat berjualan aneka barang mulai dari barang baru hingga bekas yang buka saban Pasaran Legi. Foto diambil April 2021. (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Pasar klithikan yang dikenal dengan nama Pasar Legen serta pasar sapi di Kecamatan Jatinom, Klaten, libur pada Rabu (14/2/2024) agar para pedagang bisa menyalurkan hak suaranya pada Pemilu 2024. Kebetulan, hari pencoblosan itu bersamaan dengan Rabu Legi yang merupakan hari pasaran pasar tersebut.

Pemerintah Desa (Pemdes) Bonyokan, Kecamatan Jatinom, Klaten, sudah membuat surat pengumuman terkait peliburan pasar klithikan dan pasar sapi.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Pada Hari Rabu Legi tanggal 14 Februari 2024 pasar klithikan dan pasar sapi ditutup dikarenakan bersamaan dengan acara Pemilihan Umum 2024,” demikian isi surat pengumuman yang ditandatangani Kepala Desa (Kades) Bonyokan, Surono, itu.

Surono menjelaskan pasar klithikan dan pasar sapi di Jatinom, Klaten, libur hanya pada Rabu Legi (14/2/2024) bertepatan dengan hari pemungutan suara Pemilu 2024. Pada hari Legi berikutnya, pasar klithikan dan pasar sapi kembali buka.

“Hari Legi pekan ini jatuh pada hari Rabu dan bersamaan dengan Pemilu. Kami tutup dulu sehari untuk menghindari kebanyakan golput. Sudah kami sebar selebaran dan pedagang sudah tahu semua. Biar semua fokus menggunakan hak pilih dulu. Karena pedagang juga banyak yang dari luar kota,” kata Surono saat dihubungi Solopos.com, Senin (12/2/2024).

Sebagai informasi, pasar klithikan atau yang dikenal dengan Pasar Legen merupakan pasar tiban yang buka saban hari pasaran Legi menurut penanggalan Jawa. Lokasi pasar tersebut berada di Lapangan Desa Bonyokan.

Para pedagang datang dari berbagai daerah menjajakan aneka barang dagangan mulai dari barang bekas, barang elektronik, perkakas rumah tangga, alat tukang, pakaian, hingga tanaman.

Selain pasar klithikan, pasar sapi di Kecamatan Jatinom yang juga berada di Desa Bonyokan buka saban Legi. Pasar tersebut menjadi salah satu pasar ternak terbesar di Klaten yang didatangi pedagang dari berbagai daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya