SOLOPOS.COM - Pencari kerja menyerbu job fair bertajuk Klaten 4.0 Industry and Career Expo di Grha Bung Karno Klaten, Kamis (19/10/2023). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Bursa kerja atau Job Fair di Grha Bung Karno Klaten langsung diserbu para pencari kerja pada hari pertama, Kamis (19/10/2023). Ada yang baru sekadar mencari informasi lowongan kerja, ada pula yang sudah datang membawa berkas lamaran dan persyaratannya.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, bursa kerja dibuka pada Kamis sekitar pukul 09.00 WIB. Selepas dibuka, pengunjung langsung menyerbu masuk ke gedung mendatangi stan-stan perusahaan yang membuka lowongan kerja.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Mayoritas yang berdatangan para pelajar SMK dan pencari kerja. Salah satu pencari kerja, Umar Abdul Aziz, 25, mengatakan datang ke bursa kerja itu berniat mencari lowongan di bidang elektrik yang dibuka PT Innagroup Textile Manufacture.

Hal itu sesuai jurusan selama dia kuliah di salah satu universitas swasta di Sukoharjo. “Saya lulus pada 2020. Ini mau mencari kerja. Rencananya daftar ke sini karena di sini buka lowongan untuk elektrik. Nanti lowongan dikirim melalui email,” kata warga Kecamatan Delanggu tersebut di sela-sela Job Fair di Gedung Grha Bung Karno, Klaten.

Umar mengatakan lowongan kerja di wilayah Klaten sebenarnya banyak. Hanya, lowongan kerja sesuai bidang pendidikan yang dia tempuh masih sedikit. “Kalau salary tergantung karena di sini biaya hidupnya juga terjangkau, saya rasa tidak masalah,” katanya.

Pencari kerja lainnya, Shofi, 34, asal Kecamatan Klaten Utara, mengatakan datang ke bursa kerja itu masih sebatas mencari referensi lowongan kerja.

“Ke sini cari referensi dulu karena juga terkendala umur. Kalau cari kerja di Klaten itu susah. Lowongannya sedikit, salary-nya sedikit,” kata perempuan yang pernah bekerja di perusahaan bidang telekomunikasi itu.

Ada 6.563 Lowongan Pekerjaan

Job Fair di Grha Bung Karno itu digelar Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) selama dua hari, Kamis-Jumat (19-20/10/2023). Total ada 6.563 lowongan kerja yang dibuka oleh 50 perusahaan.

Disperinaker menargetkan minimal ada 320 orang yang mendapatkan penempatan tenaga kerja pada job fair tersebut. Kepala Disperinaker Klaten, Luciana Rina Damayanti, mengatakan ribuan lowongan kerja itu bervariasi mulai dari tenaga produksi, usaha jasa penjualan, tata usaha, kepemimpinan, tata laksana, dan teknisi.

“Lowongan pekerjaan ada 6.563 dengan posisi jabatan bervariasi. Target penempatan tenaga kerja minimal 320 orang,” kata Rina saat pembukaan bursa kerja tersebut, Kamis (19/10/2023).

Rangkaian kegiatan bertajuk Klaten 4.0 Industry and Career Expo itu diikuti 50 stan perusahaan dari berbagai daerah. Ada 31 perusahaan asal Klaten, tiga perusahaan dari Boyolali, satu perusahaan dari Wonogiri.

Kemudian lima perusahaan dari Sukoharjo, satu perusahaan dari Demak, satu perusahaan Bantul, tiga perusahaan dari Sleman, dua perusahaan dari Jogja, dua perusahaan dari Semarang dan satu perusahaan dari Jakarta.

Selain stan perusahaan, kegiatan itu diisi 80 stan industri kecil menengah (IKM) yang berasal dari delapan klaster IKM di Klaten. Pada rangkaian kegiatan itu diisi dengan praktik dari sejumlah IKM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya