SOLOPOS.COM - Petugas KPPS di TPS 13 Dusun Mantenan, Desa Jaten, Kecamatan Selogiri, Wonogiri, menghitung perolehan suara Pemilu 2024, Rabu (14/2/2024). (Solopos/Muhammad Diky Praditia)

Solopos.com, WONOGIRI — Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memimpin perolehan suara sementara pada Pemilu Legislatif 2024 untuk DPRD Kabupaten Wonogiri. PDIP unggul jauh dari Partai Golkar di posisi kedua yang dipepet PKS di posisi ketiga.

Berdasarkan pengamatan Solopos.com di laman pemilu2024.kpu.go.id, progres suara masuk sudah mencapai 46,50% dari total 3.910 TPS hingga Jumat (16/2/2024) pukul 17.32 WIB. Perolehan suara PDIP pada real count itu mencapai 67.623 suara atau 50,59% dari total suara yang terhimpun.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Partai Golkar menduduki posisi kedua dengan perolehan 15.079 suara atau 11,31%. Selanjutnya disusul PKS di posisi ketiga dengan perolehan 14.468 suara atau sebesar 10,85%. Partai Gerindra di posisi keempat dengan perolehan 10.255 atau 7,69% suara. Lalu di urutan berikutnya PKB yang meraih 7.496 atau 5,62% suara.

Partai PAN yang merupakan salah satu parpol petahana di DPRD Wonogiri, untuk sementara memperoleh 6.643 atau 4,98%, lebih rendah dibandingkan Partai Demokrat yang pada Pemilu 2019 tak meraih satu pun kursi.

Berdasarkan hasil hitung sementara Pemilu 2024, Partai Demokrat sudah mengumpulkan 7.285 atau 5,46% suara hingga Jumat sore.

Ketua DPD Partai Golkar Wonogiri, Bondan Sejiwan Boma Aji, mengatakan masih menunggu rekapitulasi suara selesai untuk memastikan apakah partainya masih bisa mempertahankan perolehan kursi di DPRD Wonogiri.

Kendati demikian, dia masih yakin Golkar bisa mencapai target 10 kursi atau tambah dua kursi dibanding Pemilu 2019 di DPRD Wonogiri. ”Iya tentu kami masih optimistis bisa dapat jatah 10 kursi di DPRD Wonogiri. Tetapi kami masih tunggu penghitungan suaranya selesai,” kata Bondan saat dihubungi Solopos.com. Jumat (16/2/2024).

Ketua DPC PDIP Wonogiri, Joko Sutopo, mengaku belum bisa memberikan banyak keterangan terkait hasil hitung sementara KPU itu. Di sisi lain, PDIP Wonogiri juga sampai Jumat siang masih menghitung perolehan suara di internal mereka.

Penghitungan Internal

Jekek, sapaan akrabnya, hanya berharap hasil Pemilu 2024 ini bisa lebih baik dibanding Pemilu sebelumnya. ”Saat ini [Jumat siang] kami masih fokus input data untuk perolehan suara DPRD Provinsi,” ujar dia.

Sebagai informasi, dalam hitung suara sementara di laman KPU, perolehan suara PDIP paling unggul di semua dapil di Wonogiri. Pada Pemilu 2019, PDIP menjadi pemenang dan mendapatkan 28 kursi di DPRD Wonogiri.

Ketua DPC Partai Gerindra Wonogiri, Suryo Suminto, menyampaikan meski rekapitulasi perolehan suara Gerindra di Wonogiri belum selesai, dia cukup optimistis setidaknya partai yang dia pimpin akan menambah kursi di DPRD Wonogiri.

Pada Pemilu sebelumnya, Gerindra mendapatkan masing-masing satu kursi di semua dapil kecuali dapil III. “Saat ini, menurut perhitungan kami, minimal Gerindra dapat lima kursi. Masing-masing dapil ada satu kursi. Di dapil III ini, insyaallah saya dapat satu kursi,” ujar dia.

Sementara itu, Wakil Ketua DPC PKB Wonogiri, Witanto, menyampaikan internal PKB sudah menghitung perolehan suara, tetapi belum selesai. Menurutnya, PKB masih bisa mempertahankan masing-masing satu kursi di dapil III, IV, dan V.

Dia mengakui kontestasi pemilu di dapil I dan II sangat ketat dan penuh tantangan. “Walau begitu, kami berharap akan dapat satu kursi di masing-masing dapil nanti. Ini kami masih proses rekapitulasi, belum selesai,” ungkapnya.

Berdasarkan catatan Solopos.com, ada enam parpol yang menduduki kursi parlemen DPRD Wonogiri pada 2019-2024. Mereka yakni PKB dengan tiga kursi, Partai Gerindra empat kursi, PDIP dengan 28 kursi, Partai Golkar dengan delapan kursi. Kemudian PKS dengan empat kursi, dan terakhir PAN dengan tiga kursi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya