SOLOPOS.COM - Jalan penghubung Suroteleng-Kuncen, Samiran, Selo, Boyolali dilanda longsor, Senin (22/1/2024). (Istimewa/BPBD Boyolali)

Solopos.com, BOYOLALI – Tanah longsor melanda jalan penghubung Suroteleng-Kunceng, Desa Samiran, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, pada Senin (22/1/2024) siang.

Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boyolali telah datang ke lokasi untuk melaksanakan asesmen lokasi untuk penanganan.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Kasi Kedaruratan Bencana BPBD Boyolali, Rima Kusuma, menyampaikan longsor terjadi sekitar pukul 13.40 WIB. Penyebab longsor karena hujan deras yang berlangsung lebih dari sehari dan tanah yang labil.

“Terjadi hujan deras sejak kemarin [Minggu] yang menyebabkan tebing dan tanah yang relatif labil di sisi jalan penghubung Suroteleng-Kunceng, Desa Samiran, menjadi longsor,” jelas dia kepada Solopos.com, Selasa (23/1/2024).

Akibat longsor tersebut, pohon bambu yang berada di tebing atas jalan menutup total jalan karena ikut terbawa luncuran material longsor. Ketinggian tebing yang longsor kurang lebih 5 meter, panjang kurang lebih 5 meter, dan ketebalan longsor kurang lebih 1,5 meter menutup jalan tersebut.

Warga lantas menghubungi BPBD Boyolali untuk meminta tolong agar longsoran segera dibersihkan. Namun, setelah asesmen lokasi dan koordinasi dengan perangkat dua desa, maka akan diadakan gotong royong pada Selasa pagi.

“Gotong royong akan diadakan antara Desa Suroteleng dan Samiran dikarenakan armada pengangkut alat berat tidak bisa masuk ke lokasi. Penyebabnya karena tikungan medan jalan terlalu ekstrem dan sangat menanjak maka diadakan gotong royong bersama warga setempat,” jelas dia.

TRC BPBD Boyolali terus melaksanakan koordinasi dengan perangkat desa setempat. Lalu menutup jalan menggunakan rambu-rambu sementara agar tidak ada yang lewat. Selain itu, membantu warga yang sempat terjebak di area longsoran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya