SOLOPOS.COM - Ilustrasi Samsat Keliling Karanganyar. (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR — Untuk mendorong pendapatan daerah serta memudahkan masyarakat membayar pajak kendaraan bermotor, UPPD/Samsat Karanganyar mengadakan layanan keliling di sejumlah daerah.

Berikut ini informasi jadwal Samsat Keliling Karanganyar hari ini, Selasa (30/1/2024), yang dikutip Solopos.com dari akun Instagram @samsat_karanganyar:

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Samsat Keliling 1

  • Lokasi: Pasar Jenawi, Kecamatan Jenawi
  • Waktu: pukul 09.00-11.30 WIB

Samsat Keliling 2

  • Lokasi: Balai Desa Munggur, Kecamatan Mojogedang
  • Waktu: pukul 09.00-11.30 WIB

Samsat Sore

  • Lokasi: Samsat Cepat
  • Waktu: 16.00-18.00 WIB

Anda juga bisa membayar pajak kendaraan bermotor di Kantor Samsat yang beralamat di  Jl. Lawu No. 389 Kelurahan Cangakan, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar dengan nomor telepon 0271-495186. Anda bisa juga mengaksesnya secara online di bapenda.jatengprov.go.id.

Demikian informasi jadwal Samsat Keliling Karanganyar hari ini, semoga bermanfaat.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Segera Dibuka! Seleksi Pengisian Jabatan Sekda dan 5 Pejabat Eselon II Wonogiri

Segera Dibuka! Seleksi Pengisian Jabatan Sekda dan 5 Pejabat Eselon II Wonogiri
author
Suharsih Senin, 6 Mei 2024 - 14:48 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ilustrasi pelamar dalam seleksi lelang jabatan. (freepik)

Solopos.com, WONOGIRI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri segera mengadakan seleksi terbuka pengisian jabatan sekretaris daerah atau sekda dan lima jabatan eselon II lainnya pada Juni 2024 mendatang.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Wonogiri, Antonius Purnama Adi, mengatakan Sekda Wonogiri, Haryono, bakal purnatugas atau pensiun per 1 Juni 2024.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Maka dari itu, BKPSDM Wonogiri akan mengadakan seleksi terbuka jabatan sekda pada Juni. Saat ini BKPSDM tengah menyiapkan sejumlah hal termasuk berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk pembukaan seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi tersebut.

Anton menyebut BKPSDM juga sedang menyiapkan pembentukan panitia seleksi yang antara lain terdiri atas akademisi, pejabat pimpinan tinggi dari instansi pemerintah terkait, dan pejabat pimpinan tinggi instansi pemerintah lain.

Koran Solopos

“Kami rencanakan seleksi terbuka dibuka Juni 2024 ini. Kami akan lakukan secepatnya,” kata Anton saat dihubungi Solopos.com, Senin (6/5/2024). Dia melanjutkan saat ini Sekda Wonogiri masih cuti hingga akhir Rabu (29/5/2024).

Jabatan Sekda untuk sementara diemban Asisten Sekda II, FX Franata, sebagai Pelaksana Harian (Plh) Sekda. Setelah Haryono resmi pensiun pada awal Juni, jabatan itu akan diisi Penjabat (Pj) Sekda hingga terpilih sekda baru berdasarkan hasil seleksi terbuka.

”Kami belum tahu siapa yang akan menjadi Pj Sekda Wonogiri nanti. Sebab hal itu harus ada izin dari Gubernur Jawa Tengah,” ujar dia. Selain Sekda, Pemkab Wonogiri juga membuka seleksi terbuka untuk lima jabatan eselon II.

Emagazine Solopos

Lima jabatan itu meliputi Sekretaris DPRD, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), dan Staf Ahli Bupati.

Anton menjelaskan jabatan Kepala Badan Kesbangpol dan Kepala BPBD Wonogiri saat ini kosong sebagai konsekuensi perubahan kelas dan nomenklatur kedua lembaga tersebut menjadi badan daerah. Sedangkan jabatan pimpinan tinggi lain kosong karena pejabat sebelumnya purnatugas.

”Nanti jadwal seleksi terbuka pengisian enam JPT itu dilaksanakan bareng. Ini terbuka untuk pejabat eselon III yang mau naik eselon II [untuk ikut seleksi],” ungkap Anton.

Interaktif Solopos

Sebelumnya, Sekda Wonogiri, Haryono, menyampaikan akan pensiun setelah menjadi pegawai negeri sipil (PNS) di Pemkab Wonogiri selama 38 tahun. Tidak seperti beberapa pejabat sekda lain di sejumlah daerah yang terjun ke dunia politik selepas pensiun, Haryono memilih kembali ke kampung halaman di Sleman, Yogyakarta.

“Saya pensiun per 1 Juni 2024. Setelah ini saya akan kembali ke rumah, menjadi warga biasa, kembali bersama keluarga,” kata Haryono.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Ini Maksud Upacara Mepamit yang Dijalani Mahalini Rahardja

Ini Maksud Upacara Mepamit yang Dijalani Mahalini Rahardja
author
Akhmad Ludiyanto Senin, 6 Mei 2024 - 14:41 WIB
share
SOLOPOS.COM - Mahalini Rahardja. (Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA – Menjelang pernikahan selebitas Rizky Febian dengan Mahalini Rahardja, telah digelar serangkaian acara, salah satunya mepamit yang diadakan di kediaman Mahalini di Bali, Minggu (5/5/2024).

Mepamit merupakan bagian dari salah satu adat pernikahan Bali.  Mepamit merupakan upacara tradisional untuk berpamitan atau perpisahan.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Ritualnya dilaksanakan di sanggah milik pihak pengantin wanita. Maknanya untuk berpamitan kepada para leluhur yang berasal dari pihak mempelai wanita. Sebab akan menikah dan dirinya akan menjadi tanggung jawab keluarga pengantin pria.

Acara adat ini dilakukan sebelum akad oleh calon pengantin yang disaksikan oleh keluarganya, masyarakat, tokoh adat/agama sebagai pengesahan hubungan pernikahan.

Koran Solopos

Pada prosesi tersebut kedua mempelai beserta keluarga maupun kerabat dekat mendatangi keluarga wanita. Mereka membawa sesajen (banten). Antara lain ketipat bantal, sumping, cerocot, apem, wajik, dan lain sebagainya, serta aneka penganan tradisional berwarna putih dan merah.

 

Sementara itu, berikut adat prosesi pernikahan Bali dikutip Bisnis dari Tokopedia

Emagazine Solopos

1. Menentukan Hari Baik

Prosesi pernikahan adat Bali dimulai dengan penentuan hari baik yang dilakukan setelah calon mempelai pria meminang calon mempelai wanita yang dalam bahasa Bali disebut memadik atau ngindih. Pada hari baik yang telah dipilih tersebut lah nantinya calon mempelai wanita akan dijemput lalu dibawa ke rumah calon mempelai pria.

2. Upacara Ngekeb

Upacara Ngekeb merupakan prosesi serupa siraman khas adat Bali. Mempelai wanita akan terlebih dahulu dilulur dengan ramuan yang terbuat dari daun merak, kunyit, bunga kenanga dan beras yang telah ditumbuk halus, serta air merang untuk keramas.

Pada saat menjalankan ritual Ngekeb, calon mempelai wanita tidak diperbolehkan keluar dari kamar sejak sore hari sampai rombongan keluarga calon mempelai pria menjemputnya keesokan harinya.

Interaktif Solopos

3. Penjemputan Calon Mempelai Wanita

Pernikahan adat Bali memiliki prosesi menjemput calon mempelai wanita untuk melaksanakan rangkaian prosesi di rumah calon mempelai pria. Sebelum meninggalkan rumah, calon mempelai wanita dibalut kain kuning tipis dari atas kepala sampai ujung kaki.

4. Upacara Mungkah Lawang (Buka Pintu)

Prosesi dilanjutkan dengan acara mengetuk pintu sebanyak tiga kali oleh seorang utusan, bukan oleh calon mempelai pria. Kedatangan mempelai ini akan diiringi tembang yang dinyanyikan oleh seorang malat atau utusan mempelai pria. Syairnya berisikan kehadiran mempelai pria ingin menjemput mempelai wanitanya.

5. Upacara Mesegehagung

Mesegehagung merupakan ritual penyambutan mempelai wanita setibanya di kediaman mempelai pria. Kedua mempelai diturunkan dari tandu dan bersiap melangsungkan upacara Mesegehagung. Lalu mempelai wanita dan ibu dari mempelai pria pun bersama menuju kamar pengantin.



6. Upacara Mekala-kalaan (Madengen-dengen)

Tujuan dilakukannya upacara ini ialah menyucikan kedua mempelai dari hal negatif. Prosesi ini akan dimulai tepat saat genta berbunyi dan dipimpin oleh seorang pemimpin agama atau pemangku adat, tergantung dari adat dan budaya masing-masing daerah.

7. Upacara Mewidhi Widana (Natab Banten Beduur)

Upacara Mewidhi Widana dilaksanakan di pura keluarga pihak mempelai pria, dipimpin oleh pemangku sanggah serta diantar pinisepuh. Pada prosesi yang penuh dengan suasana syahdu ini, kedua mempelai menyampaikan doa akan kehadiran keluarga baru kepada leluhur untuk melanjutkan keturunannya.

8. Upacara Mejauman (Ma Pejati)

Pada tahap ini, kedua pasangan telah resmi menjadi suami istri. Mengikuti adat Bali, istri akan menjadi bagian dari keluarga besar sang suami. Maka dari itu, beberapa hari setelah pernikahan, kedua pihak keluarga menentukan hari di mana seluruh keluarga berkunjung ke kediaman orang tua mempelai wanita untuk melangsungkan prosesi upacara Mejauman.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Mengenal Upacara Mepamit yang Dijalani Mahalini Rahardja”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Perpuhi Solo Sayangkan Perubahan Status Bandara Adi Soemarmo

Perpuhi Solo Sayangkan Perubahan Status Bandara Adi Soemarmo
author
Anik Sulistyawati Senin, 6 Mei 2024 - 14:34 WIB
share
SOLOPOS.COM - Suasana di terminal keberangkatan Bandara Adi Soemarmo Boyolali. Foto diambil beberapa waktu lalu. (Solopos.com/Ni’matul Faizah)

Solopos.com, SOLO – Pelaku usaha perjalanan umrah di Solo menyayangkan status Bandara Adi Soemarmo yang berubah dari bandara internasional menjadi bandara domestik. Ke depan diharapkan bandara tersebut tetap bisa melayani penerbangan reguler untuk umrah secara langsung.

Ketua Perhimpunan Pengusaha Biro Ibadah Umrah dan Haji Indonesia (Perpuhi) Solo, Her Suprabu, mengatakan sebelum pandemi penerbangan umrah melalui Bandara Adi Soemarmo masih berjalan dengan baik. Bahkan bisa sebanyak empat kali dalam waktu satu pekan. Setelah kembalinya masa normal pasca pandemi Covid-17, para pelaku usaha perjalanan umrah pun berupaya untuk kembali menggeliatkan potensi tersebut.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Tentunya saat ini ada hambatan, sebab status bandara sudah berubah. Mewakili teman-teman biro umrah [anggota Perpuhi Solo], tentunya menyayangkan status Bandara Adi Soemarmo, dari sebelumnya bandara internasional menjadi bandara domestik saja,” kata dia, Sabtu (4/5/2024).

Dia berharap bandara tersebut nantinya bisa menjadi bandara internasional kembali. Sebab jika dilihat dari potensi umrah, menurutnya Solo dan Jawa Tengah pada umumnya, layak untuk memiliki bandara internasional.

Koran Solopos

“Namun tentunya kami juga belum tahu pertimbangan pastinya apa [status bandara dirubah],” kata dia.

Dikatakan jika saat ini penerbangan umrah secara langsung dari Bandara Adi Soemarmo sudah tidak ada lagi selain penerbangan carter dari maskapai Lion Air yang berjalan sekali dalam sepekan. Berdasarkan informasi yang dia dapatkan, untuk penerbangan carter untuk umrah tersebut masih bisa berlanjut.

Hanya, jika penerbangan langsung untuk umrah tersebut hanya didukung dengan penerbangan carter, juga ada sisi positif dan negatifnya. Menurutnya, karena sistemnya carter, maka ketika jumlah penumpang tidak memenuhi batas minimal yang diharapkan, bisa jadi penumpang yang sudah ada akan digabung dengan penumpang yang ada di jadwal penerbangan berikutnya, atau ditunda.

Emagazine Solopos

“Sejauh ini untuk penerbangan carter di Solo memang belum pernah terjadi hal selerti itu. Namun kalau sampai terjadi, tentunya akan menjadi masalah,” lanjut dia. Untuk itu dia berharap ke depan tetap ada penerbangan reguler untuk umrah.

Lebih lanjut, Her Suprabu menyampaikan sejauh ini, untuk pemberangkatan jemaah umrah dari Solo, selain sebagian melalui Bandara Adi Soemarmo, juga ada yang melalui bandara di sekitar Soloraya, seperti di Yogyakarta, Surabaya maupun Jakarta.

“Sebagian karena juga ada yang memesan paket Garuda, jadi ada yang lewat Jakarta, beberapa juga lewat Surabaya dan Yogyakarta,” kata dia.

Interaktif Solopos

Layanan Haji Tetap Dilaksanakan

Diketahui, penerbangan umrah kembali dilakukan secara langsung melalui Bandara Adi Soemarmo di Boyolali pasca pandemi. Penerbangan itu dilakukan dengan tujuan Jeddah, yang dimulai pada Sabtu (9/9/2023). Penerbangan itu dilayani maskapai Lion Air. Pada penerbangan perdana dari Bandara Adi Soemarmo menuju Jeddah, mengangkut sekitar 433 orang jemaah umrah. Selanjutnya penerbangan umrah itu dilayani satu kali dalam sepekan, yakni setiap Sabtu, dengan rute Solo–Jeddah.

Berkaitan dengan status bandara yang berubah, bukan lagi bandara internasional, Manajemen Bandara Adi Soemarmo, menyampaikan akan melakukan pembahasan lebih lanjut dengan pihak-pihak terkait seperti regulator maupun pihak maskapai. Termasuk untuk penerbangan umrah yang sejauh ini berjalan. Namun pada prinsipnya Bandara Adi Soemarmo baik secara fasilitas maupun standar pelayanan siap untuk melaksanakan pelayanan penerbangan internasional.

Sementara pada Sabtu (4/5/2024), penerbangan carter untuk umrah tidak dilakukan. Namun hal tersebut bukan disebabkan karena masalah status bandara.



Legal, Compliance, and Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Hermawati P., menyampaikan hal itu karena kebijakan dari Pemerintah Arab Saudi.

“Untuk flight umrah carter yang tiap Sabtu, kemarin tanggal 4 memang tidak terbang. Tapi itu bukan karena adanya perubahan status Bandara Adi Soemarmo, tapi karena kebijakan Pemerintah Arab Saudi terkait persiapan haji, jadi memang kegiatan umrah dari seluruh dunia dihentikan sementara,” kata dia, Senin (6/5/2024).

Di sisi lain, mengenai penerbangan haji 2024, disampaikan bahwa berdasarkan Keputusan Menteri Agama Nomor 152 Tahun 2024 tentang Embarkasi dan Debarkasi Haji Tahun 1445 H/ 2024 M, Bandara Adi Soemarmo telah ditetapkan sebagai Embarkasi dan Debarkasi Haji Tahun 1445 H untuk Provinsi Jawa Tengah dan DIY. Dengan begitu pelaksanaan pelayanan penerbangan haji tahun 2024 dipastikan tetap dilaksanakan melalui Bandara Adi Soemarmo.

Saat dikonfirmasi, Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro, menyampaikan mengenai penerbangan, pihaknya akan mengikuti peraturan dan kebijakan yang berlaku.

“Untuk penerbangan, kami mengikuti kebijakan yang berlaku. Kemudian untuk umrah, nanti akan kami sampaikan lebih lanjut,” kata dia, Sabtu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories