SOLOPOS.COM - Ilustrasi petunjuk jalan satu arah. (freepik)

Solopos.com, SUKOHARJO–Ruas Jalan Baki-Manang mulai dari simpang empat Kadilangu-simpang empat Bale Padi diberlakukan satu arah dari utara mulai 1 Maret hingga 3 April 2024.

Hal ini dilakukan guna mendukung pembangunan jaringan reservoir air dalam program Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) regional.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo, Heri Prasetyo mengatakan pembangunan reservoir air melibatkan alat berat sehingga ruas jalan Baki-Manang mulai dari simpang empat Kadilangu-simpang Empat Bale Padi hanya bisa dilewati satu arah kendaraan bermotor.

“Untuk kendaraan dari utara atau Kartasura masih bisa melewati jalan Baki-Manang. Sementara kendaraan dari arah selatan atau Solo Baru dan Sukoharjo dialihkan melewati jalur alternatif,” kata dia, saat berbincang dengan Solopos.com, Jumat (1/3/2024).

Heri telah merancang manajemen rekayasa lalu lintas (MRLL) diberlakukan di ruas Jalan Baki-Manang. Kendaraan dari arah selatan atau Solo Baru dan Sukoharjo dialihkan melewati Jalan W.R. Supratman atau arah Daleman.

Bagi pengendara motor dan mobil bisa belok kanan di samping kantor Polsek Baki menuju simpang empat Bale Padi.

Sementara kendaraan golongan 3,4, dan 5 dialihkan melewati Pakis atau Jalan Solo-Jogja. “Petugas disiagakan di simpang empat Kadilangu dan simpang empat Bale Padi untuk mengarahkan pengguna jalan baik dari utara maupun selatan. Kami memohon maaf jika mengganggu aktivitas pengguna jalan,” ujar dia.

Menurut Heri, program SPAM Regional merupakan program strategis nasional (PSN) yang di regional Wonogiri, Sukoharjo, Solo, Karanganyar, dan Sragen atau Wosusokas. Pihaknya telah berkoordinasi dengan Perumda Tirta Makmur Sukoharjo terkait pemberlakuan satu arah di Jalan Baki-Pajang.

Sementara itu,  Direktur Perumda Air Tirta Makmur Sukoharjo, Mat Hasyim mengatakan sumber air baku untuk SPAM regional berasal dari air Waduk Gajah Mungkur (WGM), Kabupaten Wonogiri.

Pembangunan infrastruktur jaringan air bersih mulai dari intake, transmisi air baku telah rampung. Saat ini, pengerjaan proyek infrastruktur dilanjutkan dengan pembangunan reservoir air di setiap daerah, termasuk Sukoharjo.

Ada empat reservoir air bersih yang dibangun di Sukoharjo. Yakni, Pondok di Grogol, Duwet di Baki, Joho di Mojolaban, dan Karangwuni di Polokarto. Keempat reservoir air bersih itu ditarget rampung pada September 2024.

“Targetnya proyek ini rampung pada September. Jadi sekarang fokus pembangunan jaringan infrastruktur distribusi SPAM,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya