SOLOPOS.COM - Penampilan baru GOR Gelarsena Klaten setelah rehabilitasi tahap awal 2023 lalu. Foto diambil Jumat (19/1/2024). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATENGOR Gelarsena Klaten kini tampil beda setelah direhabilitasi tahap awal yang bergulir pada 2023 lalu. Gedung olahraga kebanggaan wong Klaten itu kini tampak lebih megah dan modern.

Rencananya, proyek perbaikan gedung olahraga yang berlokasi di Desa Jonggrangan, Kecamatan Klaten Utara, itu berlanjut tahun ini. Proyek rehabilitasi GOR Gelarsena pada tahun lalu didanai dari APBD Klaten 2023 dengan pagu anggaran Rp8,7 miliar.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Beberapa fasilitas yang sebelumnya rusak seperti atap serta lantai kini sudah diperbaiki dan diperbarui. Lantai lapangan di dalam gedung yang sebelumnya dari kayu sudah diganti lantai vinyl. Fasad atau bagian muka gedung kini tampil lebih modern. Pada area timur gedung ada penambahan ruangan serta toilet.

Selain gedung olahraga, renovasi menyasar area lapangan tenis kompleks GOR Gelarsena Klaten. Renovasi area lapangan tenis didanai bantuan keuangan dari APBD Provinsi Jawa Tengah (Jateng) 2023 dengan pagu sekitar Rp2 miliar. Renovasi itu di antaranya penambahan pagar, tribune, hingga pembangunan musala.

Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengatakan kondisi GOR saat ini jauh lebih baik dibandingkan sebelumnya. “Ternyata belum selesai sepenuhnya. GOR masih dilanjutkan tahun ini dan ditargetkan akhir tahun sudah di-launching,” kata Mulyani saat ditemui wartawan di sela pengecekan GOR Gelarsena Klaten, Jumat (19/1/2024).

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Klaten, Suryanto, mengatakan atap gedung sudah diganti. Lantai yang sebelumnya dari kayu diganti menggunakan lantai vinyl sesuai standar lapangan olahraga saat ini. Ukuran lapangan tetap sama seperti sebelumnya.

Pada bagian muka atau fasad, ada penambahan perforated plat atau lembaran logam yang memiliki motif berupa lubang-lubang kecil. Penambahan material yang mengelilingi sisi luar itu memberi kesan gedung yang dibangun sejak 1980-an tampil lebih modern.

“GOR sudah berkonsep modern sekaligus dengan fasilitas yang kami usahakan juga mengikuti perkembangan zaman,” kata Suryanto. Ia mengatakan rehabilitasi GOR Gelarsena diprioritaskan pada kesempurnaan fungsi bangunan dan estetika.

Terkait kelanjutan rehabilitasi tahun ini, dia menjelaskan di antaranya penyempurnaan fasad, pembangunan tempat parkir, pagar, serta perbaikan tribune. Alokasi anggaran untuk kelanjutan rehabilitasi gedung olahraga tersebut tahun ini sekitar Rp4 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya