SOLOPOS.COM - Median jalan nasional di depan lokasi pintu keluar-masuk tol fungsional Solo-Jogja di Desa Kuncen, Kecamatan Ceper. Klaten, dibongkar, Senin (11/12/2023). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Persiapan untuk pengoperasian tol Solo-Jogja secara fungsional selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 atau Nataru terus dilakukan. Salah satunya pembongkaran median jalan raya Solo-Jogja di Desa Kuncen, Kecamatan Ceper, Klaten, karena jadi pintu keluar-masuk tol fungsional.

Tol Solo-Jogja rencananya dibuka sepanjang 13 kilometer dari gerbang tol Banyudono, Boyolali, hingga exit tol Karanganom di Desa Kuncen, Ceper, Klaten, selama libur Nataru. Lokasi pintu tol Karanganom bersimpangan dengan ruas jalan raya Solo-Jogja.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Untuk memperlancar arus lalu lintas, median jalan dibongkar sekitar 10 meter tepat di seberang lokasi persimpangan pintu tol dengan jalan raya. Dari pantauan Solopos.com, Senin (11/12/2023), sejumlah pekerja terlihat mengecor bekas median jalan tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten, Supriyono, mengatakan pembongkaran median jalan merupakan hasil koordinasi dari Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Kementerian PUPR dengan pengelola jalan tol Solo-Jogja.

“Celah median jalan diperlebar untuk mempermudah manuver kendaraan yang keluar dari tol,” kata Supriyono saat ditemui wartawan di Pemkab Klaten, Senin (11/12/2023).

Supriyono mengatakan koordinasi untuk persiapan pengoperasian tol Solo-Jogja secara fungsional pada libur Nataru mendatang masih terus dilakukan. Rencananya, ada pos bersama dari kepolisian, Dishub, serta pengelola jalan tol.

Disinggung rekayasa lalu lintas di jalan raya Solo-Jogja yang kerap padat saat musim liburan tiba, Supriyono menjelaskan rekayasa tetap dilakukan agar tak terjadi penumpukan kendaraan di pintu tol yang bersimpangan dengan jalan nasional.

Tanggal Pembukaan

“Antisipasinya nanti akan diberi rambu-rambu. Kalau alatnya tidak memungkinkan, akan ada penjagaan secara manual,” jelas dia.

Sebelumnya, Manager Humas PT Jasamarga Jogja Solo, Rachmat Jesiman Putra, mengatakan jalur tol Solo-Jogja yang dibuka selama libur Nataru dimulai dari STA 0 hingga STA 13 atau dari Kartasura hingga pintu tol Karanganom di Desa Kuncen, Ceper, Klaten.

Panjang ruas tol yang dibuka secara fungsional selama libur Nataru mencapai 13 km, dua kali lebih panjang dibandingkan saat pembukaan fungsional pada Lebaran 2023. Hingga kini, persiapan masih terus dilakukan.

“Untuk jalur pembukaan dari exit tol Colomadu naik menyusuri jembatan kemudian titik keluarnya di exit tol Karanganom,” kata Rachmat, Selasa (5/12/2023).

Rachmat mengatakan koordinasi dengan stakeholders terkait masih terus dilakukan guna mematangkan rencana pengoperasian tol Solo-Jogja secara fungsional. Soal rencana pengoperasian, dia menjelaskan ruas tol dari Kartasura-Kuncen dibuka selama 14 hari saat libur Nataru.

Informasi terakhir dari rapat dengan kepolisian, tol Solo-Jogja dibuka secara fungsional mulai 22 Desember 2023 hingga 4 Januari 2024. Pengoperasian tol secara fungsional seperti pengoperasian saat libur Lebaran lalu.

Tol dibuka dari pagi hingga sore yakni pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB. “Sementara sesuai arahan dari pusat untuk jalur sendiri nanti one way seperti fungsional saat Lebaran,” kata Rachmat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya