SOLOPOS.COM - Kondisi lalu lintas di depan Masjid Ar Riyadh sehari sebelum puncak acara Haul Habib Ali, Senin (14/11/2022) pagi. (Solopos/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO — Jadwal dan rangkaian acara Haul Solo 2023 yang diselenggarakan di Masjid Riyadh, Pasar Kliwon, Solo, Jawa Tengah, wajib diketahui mengingat acara tersebut banyak dinanti-nantikan oleh masyarakat.

Acara untuk memperingati Haul Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi ke-112 ini dimulai pada hari ini Rabu (1/11/2023) hingga Minggu (5/11/2023). Semasa hidupnya, Habib Ali menjadi pusat perhatian dan kekaguman serta memperoleh tempat terhormat di hati setiap orang. Habib Ali pada usia 68 tahun juga mengarang sebuah kitab maulid yang diberi nama Simtud Durar, yakni sebuah kitab maulid yang masyhur dan penuh berkah hingga kini dibaca di Hadramaut, Indonesia, dan Afrika. Beliau mengarang kitab ini pada Kamis, 26 Shafar 1327 dan menyempurnakannya pada 10 Rabiul Awal 1327 Hijriah.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Maka dari itu, banyak jemaah dari berbagai daerah di Indonesia ikut meramaikan Haul Solo, acara keagamaan bersejarah yang ada di Solo. Mengutip penelitian yang diterbitkan Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, anak dari Habib Ali, yakni Habib Alwi yang pertama kali menyelenggarakan Haul Solo.

Mengutip informasi di laman Majelis.info, terdapat beberapa rangkaian acara untuk memperingati Haul Solo atau Haul Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi ke-112 pada 2023 dengan jadwal sebagai berikut.

Jadwal dan Rangkaian Acara Haul Solo 2023

Rauhah (1-3 November 2023) setelah Asar

Haul Solo akan dimulai dengan rangkaian kegiatan rauhah yang dijadwalkan berlangsung dari tanggal 1 hingga 3 November 2023, sesaat setelah salat asar. Rauhah adalah waktu di mana jemaah berkumpul untuk berzikir, berdoa, dan merenungkan kebesaran Allah SWT, sambil mengenang Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi. Ini adalah saat yang penuh ketenangan di mana jemaah mencari kedamaian batin dan mendekatkan diri kepada Allah.

Haul (4 November 2023) pukul 09.00 WIB

Pada 4 November 2023 menjadi acara puncak perayaan Haul Solo, di mana ribuan jemaah berkumpul di Masjdi Riyadh ntuk mengenang dan merayakan kehidupan serta warisan spiritual yang ditinggalkan oleh Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi. Dalam acara ini, akan diadakan berbagai kegiatan seperti pembacaan doa, khutbah, dan pengajian agama yang dipimpin oleh ulama terkemuka.

Maulid (5 November 2023) setelah Subuh

Jadwal dan rangkaian acara Haul Solo 2023 ditutup dengan Maulid pada 5 November 2023 setelah salat subuh.

Maulid adalah saat di mana jemaah membaca dan merenungkan kisah dan kehidupan Nabi Muhammad SAW, yang merupakan sumber inspirasi utama bagi Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi. Maulid adalah bentuk penghormatan kepada Nabi dan cara untuk mendekatkan diri kepada-Nya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya