SOLOPOS.COM - Bupati Karanganyar, Juliyatmono (kedia dari kanan), meresmikan Jl. Mayjen Yudomo SHD, Jumat (11/8/2023). (Solopos.com/Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, KARANGANYAR — Jalan penghubung Kecamatan Karanganyar dan Kecamatan Jumapolo, Kabupaten Karanganyar, resmi berubah nama per Jumat (11/8/2023). Jalan yang sebelumnya bernama Jl. Brigjen Slamet Riyadi, berubah menjadi Jl. Mayjen Yudomo SHD.

Penggantian nama jalan tersebut diresmikan langsung oleh Bupati Karanganyar, Juliyatmono, Jumat pagi. “Dari ujung [pertigaan Taman Pancasila] sampai SPBU Lalung saat ini menjadi Jl. Mayjen Yudomo SHD,” kata dia dalam peresmian tersebut.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Jalan yang ditetapkan sebagai Jl. Mayjen Yudomo SHD memiliki panjang sekitar 1,7 km. Dimulai dari pertigaan Taman Pancasila menuju arah Jumapolo sampai SPBU Lalung.

Asisten II Sekda Kabupaten Karanganyar, Titis Sri Jawoto, mengatakan perubahan nama jalan tersebut diawali adanya usulan resmi dari Paguyuban Warga Karanganyar Surakarta (PWKS). Dimana ada putra daerah yang sangat luar biasa yang memiliki dedikasi tinggi bernama Mayjen Yudomo Sastro Soehardjo.

“Karena ini jalan kabupaten maka usulan [perubahan nama jalan] kemarin [disampaikan] ke Bupati Karanganyar. Kewenangan menamai jalan yakni dengan SK Bupati yang diproses di DPUPR,” jelas dia.

Sementara alasan dipilihnya jalan tersebut untuk dinamai Jl. Mayjen Yudomo SHD, karena letaknya berada di depan rumah orang tua almarhum, atau rumah masa kecil dari Mayjen Yudomo SHD. Rumah tersebut berada di utara SMKN 1 Karanganyar, tepat berada di pinggir Jl. Mayjen Yudomo SHD.

Selain jajaran pejabat Pemkab Karanganyar, peresmian perubahan jalan tersebut juga dihadiri PWKS dan keluarga dari Mayjen Yudomo SHD.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya