SOLOPOS.COM - Dokter hewan memeriksa kesehatan sapi di penampungan hewan kurban di Mojosongo, Boyolali, Kamis (15/6/2023). (Solopos/Joseph Howi Widodo)

Solopos.com, SOLO —Harga hewan kurban di Kota Solo mengalami kenaikan signifikan pada sembilan hari menjelang Iduladha. Rata-rata harga sapi naik Rp1 juta per ekor sedangkan harga kambing juga naik Rp200.000 per ekor.
Seorang penjual hewan kurban di Mojosongo, Jebres, Dwi, mengatakan kenaikan harga hewan kurban mulai naik sejak awal pekan ini. Tak menutup kemungkinan, harga hewan kurban kembali melonjak pada pekan depan atau beberapa menjelang Iduladha.
“Harga sapi kurban mulai Rp19 juta-Rp25juta per ekor tergantung bobot sapi. Sedangkan, harga kambing kurban Rp2 juta-Rp3juta per ekor,” kata dia, saat berbincang dengan wartawan, Selasa (20/6/2023).
Menurut Dwi, permintaan hewan kurban pada Iduladha 2023 meningkat sekitar 10% dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.  Pada 2022, permintaan hewan kurban cenderung turun lantaran wabah penyakit mulut dan kaki (PMK) menyerang sapi dan kambing.
“Tahun lalu kan ada wabah PMK yang menular cukup cepat. Sekarang sudah tak ada lagi PMK sehingga berpengaruh terhadap tingkat permintaan hewan kurban,” ujar dia.
Sapi jenis Bali paling banyak diburu pembeli untuk kurban saat Iduladha. Dibandingkan sapi Jawa, sapi Bali memiliki daging yang lebih banyak. Sehingga, umat muslim banyak yang memesan Sapi Bali untuk disembelih saat Iduladha.
Dwi menyampaikan sebanyak 113 ekor sapi di kandang sudah terjual. “Semua sudah dipesan pembeli. Hanya tinggal mengirim ke lokasi pembeli pada H-1. Bisa jadi, nanti ada tambahan sapi yang dijual,” papar dia.
Pedagang hewan kurban lain di Sumber, Banjarsari, Misno, mengatakan animo umat muslim membeli sapi lebih tinggi dibandingkan kambing. Permintaan kambing jauh lebih sedikit dibandingkan sapi. Namun, ia tak mengetahui penyebab secara jelas permintaan sapi kurban lebih banyak dibandingkan kambing kurban.
Biasanya, warga membeli kambing kurban mendekati Iduladha. “Bisa tiga hari atau dua hari menjelang Iduladha. Biasanya dimepetkan sebelum Iduladha. Ada juga yang langsung dibawa sendiri oleh pembeli. Tidak menggunakan jasa pengiriman ke rumah pembeli,” kata dia.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya