SOLOPOS.COM - Bupati Boyolali, M. Said Hidayat, dan jajaran menerima sapi pemberian Ketua DPR, Puan Maharani, di Balai Desa Teras, Rabu (28/6/2023). (Istimewa/Tim Liputan Diskominfo Boyolali)

Solopos.com, BOYOLALI–Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua DPR, Puan Maharani, mengirimkan hewan kurban sebanyak 19 ternak ke Kabupaten Boyolali. Presiden Jokowi mengirimkan dua sapi, sedangkan Puan Maharani mengirimkan tujuh sapi dan 10 kambing.

Dua sapi kurban Presiden Jokowi dikirimkan ke dua pondok pesantren (ponpes), yakni Ponpes Raudlatul Maarif di Desa Temon Kecamatan Simo, serta Ponpes Fadllul Hafidh di Desa Sawahan, Kecamatan Ngemplak.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Kabid Keswan Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Boyolali, Afiany Rifdania, menyampaikan kedua sapi Presiden Jokowi tersebut berkelamin jantan yaitu persilangan FH dengan Simental.

“Total ada dua ekor berkelamin jantan. Kami sudah mengecek kesehatan sapi dan administrasinya,” ujar dia seperti dalam rilis yang diterima Solopos.com, Rabu (28/6/2023).

Afi mengungkapkan kedua sapi Jokowi telah poel sehingga sudah masuk syarat hewan kurban. Kedua sapi tersebut, kata dia, juga telah menerima vaksin Lumpy Skin Disease (LSD) serta Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

“Sudah memenuhi kriteria untuk kesehatan dan juga sudah diberikan surat keterangan kesehatan hewan. Lalu lintas juga sudah terpenuhi untuk sertifikat veteriner dan rekomendasi pemasukan di Kabupaten Boyolali,” terang Afi.

Sementara itu, pada Rabu siang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali memperoleh bantuan hewan kurban sebanyak tujuh sapi dan 10 kambing dari Ketua DPR, Puan Maharani. Bantuan diserahkan di Balai Desa Teras, Kecamatan Teras.

Sapi dan kambing kiriman dari Puan Maharani tersebut juga telah diperiksa kesehatannya oleh tim Disnakkan Boyolali. Bupati Boyolali, M. Said Hidayat, menerima bantuan hewan kurban tersebut. Said mengucapkan terima kasih kepada Ketua DPR RI tersebut.

“Semoga bagi penerima dapat memanfaatkan dengan sebaik baiknya bantuan hewan kurban tersebut,” ujar dia.

Sementara itu, Ketua DPC PDIP Boyolali, Susetya Kusuma DH, mengungkapkan pada Iduladha 2023, bantuan hewan kurban bertambah. Pada 2022, ada enam sapi sedangkan tahun ini tujuh sapi. Untuk jumlah kambing kurban tetap 10 ekor.

Ia meminta warga yang sudah mendapatkan bantuan hewan kurban agar memanfaatkan sebagaimana mestinya. Kemudian, ia berpesan bantuan hewan kurban ini juga tidak diperuntukkan untuk yang lain.

Untuk penerima hewan kurban kambing, tutur Susetya, ada tiga kecamatan yaitu Kecamatan Simo, Musuk, dan Sambi.

“Pada tahun 2023 ini bantuan hewan kurban sudah merata. Kemudian untuk tahun 2024 mendatang bantuan akan diputar lagi. Satu hewan sapi untuk Kecamatan Selo, Teras, Mojosongo, Sawit, Banyudono, Klego dan Kecamatan Ngemplak,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya