SOLOPOS.COM - Gibran Rakabuming Raka. (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO–Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka terbang ke Inggris menghadiri undangan Duta Besar Republik Indonesia untuk Inggris, Desra Percaya, selama sepekan.

Kepala Bagian Protokol Komunikasi dan Administrasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kota Solo Herwin Tri Nugroho menjelaskan Gibran melakukan perjalanan ke Inggris mulai Minggu (3/3/2024) sampai Minggu (10/3/2024).

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Menurut dia, Gibran memiliki sejumlah agenda di Inggris selama sepekan untuk pembangunan Kota Solo mulai dari penguatan kerja sama berbagai bidang dan promosi.

“Perjalanan ke Inggris dalam rangka penguatan ekspor dari Solo di bidang ekonomi kreatif, digital, dan UMKM. Selain itu, ada peningkatan promosi investasi bidang pendidikan, transisi energi, digital, dan infrastruktur rendah karbon,” jelas dia, Senin (4/3/2024) pagi.

Menurut dia, Gibran sudah mengajukan cuti dua pekan lalu ke Penjabat Gubernur Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Komjen (Pol) Nana Sudjana.

Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa ditunjuk sebagai Plh Wali Kota Solo selama Gibran ke Inggris. Gibran masuk kantor ke Balai Kota pada Selasa (12/3/2024) atau setelah libur panjang Hari Raya Nyepi.

Sementara itu, Teguh Prakosa memiliki banyak agenda saat Gibran melakukan perjalanan ke Inggris, Senin (4/3/2024), antara lain menjadi narasumber pusat pembelajaran keluarga di SMPN 26 Solo pukul 06.30 WIB.

Kemudian membuka acara forum koordinasi percepatan penurunan stunting tingkat kota/kabulaten se-Soloraya di Hotel Harris Solo pukul 08.00 WIB.

Selain itu, membuka acara bertajul Ngobrol Bareng Pariwisata di Pura Mangkunegaran, pukul 09.00 WIB; memberikan sambutan pada acara peresmian Implementasi Layanan Elektronik dan Penyerahan Sertifikat Tanah Elektronik di kantor Badan Pertanahan Nasional Kota Solo, pukul 10.00 WIB.

Kemudian rapat koordinasi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Solo di rumah dinas Wakil Wali Kota Solo, pukul 13.00 WIB.

Catatan Solopos.com, Duta Besar Inggris untuk Indonesia Owen Jenkins berkunjung ke Solo awal tahun lalu. Owen bertemu dengan Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa di rumah dinas Wakil Wali Kota Solo, Rabu (18/1/2023).

Selanjutnya Teguh mewakili Gibran membersamai Owen pada acara Tech to impact by UK-Indonesia Tech Hub: Networking and Sharing Session with Startup and Ecosystem Players di Solo Technopark.

Kala itu, Owen mengatakan Tech to Impact adalah langkah awal dari kolaborasi yang nyata. Solo dikenal sebagai pusat keterampilan kewirausahaan dan produktivitas. Kolaborasi ini akan terus berlanjut mengingat Inggris dan Indonesia adalah pusat teknologi digital.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya