SOLOPOS.COM - Petugas Damkar Klaten memotong kabin untuk mengevakuasi pengemudi truk boks dari kabin yang ringsek saat terjadi kecelakaan di jalan raya Solo-Jogja, Tegalmas, Kecamatan Jogonalan, Senin (26/6/2023) dini hari. (Istimewa/Satpol PP dan Damkar Klaten)

Solopos.com, KLATENKecelakaan maut terjadi di ruas jalan raya Solo-Jogja, Tegalmas, Jogonalan, Senin (26/6/2023) dini hari. Akibat kejadian itu, seorang sopir mobil boks meninggal dunia dan sempat terjepit kabin.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, peristiwa itu bermula ketika truk bak yang dikemudikan seorang warga Kecamatan Mondokan, Sragen berinisial M, 46, melaju dari arah Klaten menuju ke Jogja di lajur kanan. Truk itu kemudian berhenti karena searah di depannya terdapat kendaraan, yakni truk yang mengalami kerusakan.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Pengemudi truk bak kemudian turun menuju ke bodi belakang truk yang mengalami kerusakan untuk memberikan isyarat lampu. Menjelang lokasi kejadian, truk boks melaju searah di belakangnya.

“Diduga kurang memperhatikan situasi arus lalu lintas searah di depannya, kendaraan [truk boks] membentur truk bak,” kata Kanit Gakkum Satlantas Polres Klaten, Iptu Slamet Riyadi, saat dikonfirmasi Solopos.com, Senin (26/6/2023).

Akibat kejadian itu, pengemudi truk boks berinisial ASK, 51, warga Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, DIY meninggal dunia.

“Untuk barang bukti sudah kami amankan dan kasus kecelakaan lalu lintas sudah kami tangani,” kata Iptu Slamet.

Atas kejadian tersebut, Iptu Slamet mengimbau agar pengendara selalu mengecek kondisi kendaraan sebelum digunakan untuk perjalanan. Hal itu dimaksudkan agar tak terjadi kerusakan ketika dalam perjalanan yang membahayakan pengendara lainnya.

Dia juga mengimbau agar pengendara selalu berhati-hati ketika berkendara terutama saat malam.

“Saat berkendara di malam hari kurangi kecepatan. Jaga kecepatan kendaraan pada batas aman keselamatan agar ketika sewaktu-waktu ada hambatan bisa mudah menghindar,” kata Iptu Slamet.

Peristiwa kecelakaan itu sempat membuat kaki sopir mobil boks terjepit kabin yang ringsek. Proses evakuasi melibatkan tim Damkar Satpol PP dan Damkar Klaten.

Untuk mengeluarkan pengemudi itu, petugas Damkar memotong bagian kabin menggunakan cutting steel. Proses evakuasi itu dibantu kepolisian, PMI, serta sukarelawan.

“Proses penanganan dari pukul 01.50 WIB hingga pukul 03.15 WIB,” kata Kabid Damkar Satpol PP dan Damkar Klaten, Sumino.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya