SOLOPOS.COM - Pencairan insentif kader posyandu dilakukan di kantor Dispermasdes hingga Kamis (4/4/2024) besok. (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Kabar baik, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar mencairkan dana insentif bagi Ketua RT, Ketua RW dan Kader Posyandu menjelang Lebaran. Ketua RT dan ketua RW mendapat insentif Rp2,5 juta. Nominal itu terdiri dari Rp2 juta masuk kantong pribadi dan Rp500.000 untuk kas RT maupun RW. Sedangkan untuk kader posyandu menerima insentif Rp200.000.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermasdes) Karanganyar, Sundoro Budi Karyanto, mengatakan pencairan dana insentif tersebut dilakukan sejak Senin (1/3/2024). Dana insentif ketua RT dan ketua RW dicairkan langsung ke rekening masing-masing pemerintah desa/kelurahan. Selanjutnya, pemerintah desa/kelurahan menjadwalkan penyerahan secara tunai kepada masing-masing ketua RT dan ketua RW.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Jumlah penerima insentif ada 5.812 RT dan 1.775 RW. Total anggaran Rp18.967.500.000,” kata dia kepada Solopos.com, Selasa (2/4/2024).

Sundoro mengatakan besaran insentif ketua RT dan ketua RW tak berubah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Pemberian insentif ini merupakan program warisan era Bupati Juliyatmono dan masih dipertahankan.

Kepala Bidang (Kabid) Administrasi Pemerintahan Desa Dispermasdes Karanganyar, Anung Darmawan, mengatakan ada sebanyak 9.021 kader posyandu yang menerima insentif dari Pemkab Karanganyar. Insentif diberikan bagi kader posyandu senilai Rp50.000 per bulan. Insentif tersebut dibayar setiap empat bulan sekali.

“Jadi sekarang masing-masing kader posyandu menerima Rp200.000 untuk rapelan Januari sampai April,” kata dia.

Anung mengatakan dana insentif sengaja dicairkan menjelang Lebaran ini. Pencairan dilakukan di kantor Dispermasdes. Insentif tersebut bentuk apresiasi Pemkab kepada simpul masyarakat di Karanganyar. Mereka selama ini menjadi kepanjangan tangan Pemkab dalam merealisasikan program kerja.

“Memang cairnya mendekati Lebaran supaya bisa membantu mereka,” kata Anung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya