SOLOPOS.COM - Bupati Sukoharjo Etik Suryani (tengah) saat pelepasan Kontingen Sukoharjo menuju Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jateng ke-16 tahun 2023 di Pendapa Graha Satya Praja (GSP), Jumat (28/7/2023).(Istimewa/Pemkab Sukoharjo)

Solopos.com, SUKOHARJO — Kabupaten Sukoharjo mengirimkan 186 orang untuk mengikuti event Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jateng ke-16 tahun 2023.

Kontingen Sukoharjo tersebut dilepas Bupati Etik Suryani di Pendopo Graha Satya Praja (GSP), Jumat (28/7/2023). Bupati menargetkan emas di seluruh cabang olahraga (cabor). Dalam kesempatan itu dia juga menjanjikan bonus kepada para atlet peraih medali dalam Porprov tersebut.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Saya harap dari 23 cabor yang diikuti bisa meraih medali emas semuanya. Nanti saya siapkan bonusnya,” ujar Etik disambut tepuk tangan meriah para atlet dalam sambutannya.

Etik juga berharap kepada seluruh kontingen untuk manfaatkan kesempatan dalam meraih prestasi setinggi mungkin. Agar prestasi tersebut dapat memberikan kebanggaan sekaligus mengharumkan nama Kabupaten Sukoharjo. Selain itu, Etik juga berharap para atlet agar menjaga nama baik daerah dengan menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas, kejujuran, serta bersikap dan bertingkah laku yang baik dan sopan.

“Tunjukanlah kita sebagai pribadi yang berasal dari daerah yang menjujung tinggi nilai penghormatan kepada orang lain,” ujarnya.

Bupati juga meminta tim official agar mampu membangun kekompakan, kebersamaan serta saling bekerjasama yang baik sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing. Termasuk memperhatikan kesehatan para atlet karena faktor non teknis tersebut juga sangat berpengaruh terhadap hasil pertandingan yang dilaksanakan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Sukoharjo, Setyo Aji Nugroho, menyampaikan 186 kontingen Sukoharjo yang dilepasian tersebut terdiri atas 127 atlet, 34 pelatih dan official, serta 25 orang pendamping. “Atlet Porprov Sukoharjo akan mengikuti 23 cabang olahraga. Pelaksanaan Porprov ini akan dilaksanakan di delapan kabupaten/kota di Jateng,” ujarnya.

Aji membeberkan sejumlah 23 cabor yang diikuti atlet Sukoharjo terdiri atas taekwondo, tinju, tarung drajat, karate, atletik, sepatu roda, menembak, ju jitsu, panahan, tenis lapangan, judo, futsal, renang, dan dance sport. Selain itu juga balap sepeda, kick bocking, tenis meja, gulat, paralayang, berkuda, billiard, bermotor, dan pencak silat.

Nantinya atlet dan official yang tergabung dalam kontingen Sukoharjo bakal menyebar di berbagai kota di sesuai cabor yang diikuti, selain Pati sebagai tempat untuk upacara pembukaan dan penutupan, beberepa cabor juga dipertandingkan di Jepara, Kudus, Grobogan, Rembang, dan Blora.

Sementara itu mengutip dalam laman konijateng.id enam kabupaten tuan rumah tersebut diklaim telah siap menggelar Porprov 2023. Secara umum mulai dari acara pembukaan hingga penutupan sudah disiapkan secara matang. Pembukaan gelaran tersebut akan dilaksanakan di Stadion Joyokusumo Pati, Sabtu (5/8/2023). ‘’Kami sudah siap untuk pembukaan dan pertandingan,’’ kata Ketua KONI Pati Mustamaji dalam laman tersebut.

Dalam pentupannya Ketua KONI Jepara Syamsul Anwar juga menyatakan telah siap menggelar pertandingan penutupan. Menurutnya salah satu agenda penutupannya adalah pertandingan final sepak bola. Pihaknya juga telah mengajak pengurus asosiasi perhotelan Jepara untuk memaparkan ketersediaan hotel.

Tak kalah pentingnya pengambilan api Porprov dari sumber api abadi Mrapen, Grobogan juga telah disiapkan. Ketua KONI Grobogan Fathurahman yang sekaligus menjadi penanggung jawab kegiatan tersebut menyatakan pihaknya siap menjalankan tugas tersebut. ‘’Jadi, sesuai arahan KONI, setelah api Porprov diambil, maka akan disimpan dalam dua obor. Obor pertama dikirabkan ke arah utara yakni Kudus, Jepara dan berakhir di Pati. Obor kedua dalam waktu yang sama dikirab ke Blora, Rembang dan terakhir di Pati,’’ kata Faturahman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya