SOLOPOS.COM - Sumur bor di Pondok Pesantren Rooihatul Jannah Hidayatullah (Roja), Kelurahan Dukuh Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo, Bantuan TNI AD, Selasa (25/7/2023). (Solopos.com/Magdalena Naviriana Putri)

Solopos.com, SUKOHARJO — Kodim 0726/Sukoharjo menggelar Video Conference (Vicon) Peresmian Penggunaan Air Bersih TNI Manunggal Air Tahun 2023 di Pondok Pesantren Rooihatul Jannah Hidayatullah (Ponpes Roja), Selasa (25/7/2023).

Ponpes yang berada di Brumbung RT 003/RW 002, Kelurahan Dukuh, Kecamatan Sukoharo, Kabupaten Sukoharjo tersebut dulunya terkendala air bersih lantaran air yang mengalir selalu keruh. Kini para santri tak perlu lagi khawatir soal air keruh.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Kondisi air di sini kotor, tidak bisa digunakan, berwarna keruh meskipun itu sudah diendapkan satu hari,” jelas Lurah Dukuh, Budi Purwanto, Selasa.

Selain it, saat musim kemarau warga di  Kelurahan Dukuh yang memiliki 42 RT dan 9 RW juga kesulitan air bersih saat musim kemarau. Sejauh ini baru ada satu sumur bor sehingga tak mampu memenuhi kebutuhan air bersih seluruh warga. Sumur itu bantuan TNI Angkatan Darat (AD). Ia berharap, ke depan program air bersih tersebut tetap dilanjutkan.

Sumur bor tersebut diperuntukkan untuk mencukupi kebutuhan air para santri di Ponpes Rooihatul Jannah dan juga warga masyarakat sekitar Ponpes. Kedalaman sumur sekitar 36 meter. Pihak Ponpes telah berupaya membiarkan genangan air selama satu malam untuk mengecek warna air. Namun setelah satu malam warna air tidak lagi menguning dan justru jernih.

Dua sumur yang terdahulu airnya kurang bagus dan berwarna kuning dan tidak jernih. Dia berharap dengan sumur bor ini dapat menambah semangat anak-anak dalam menempuh pendidikan di Ponpes Rooihatul Jannah.

Dalam kesempatan tersebut Danrem 074/Warastratama , Kolonel (Inf) Ali Ahwan, beserta Forkopimda Sukoharjo sempat menyaksikan secara daring melalui Zoom Peresmian Penggunaan Air Bersih Program TNI AD Manunggal Air di Pondok Pesantren tersebut. Dalam kegiatan itu juga dilakukan Pencanangan Percepatan Penurunan Stunting serentak seluruh Indonesia. Dilanjutkan dengan mendengarkan sambutan KSAD, Jendral TNI Dudung Abdurachman.

“Kegiatan ini merupakan Program dari KSAD yaitu TNI Manunggal Air Tahun 2023 di Pondok Pesantren Rooihatul Jannah Hidayatullah dan Pencanangan Percepatan Penurunan Stunting di Kampung Brumbung Kelurahan Dukuh,” jelas Danrem.

TNI akan terus berkoordinasi dengan Pemkab Sukoharjo untuk terus mencari lokasi lain yang perlu penanganan terkait air bersih. “Maka kami akan hadir untuk memberikan solusi, kami juga minta masukan-masukan dari masyarakat terkait dengan kendala air,” lanjut Ali.

Wakil Bupati Sukoharjo, Agus Santosa, mengucapkan terima kasih atas apa yang telah diupayakan oleh Korem 074/Warastratama dan Kodim 0726/Sukoharjo. “Kami sudah banyak meluncurkan program air bersih termasuk di antaranya adalah di daerah Weru dan Bulu. Terkait dengan air bersih ini kami tidak boleh menyerah dengan kesulitan, tapi bagaimana memecahkan kesulitan tersebut,” kata dia.

Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan Pencanangan Percepatan Penurunan Stunting serentak di seluruh Indonesia.
Setelah itu dilanjutkan dengan pemberian bantuan sembako serta suplemen makanan bagi balita secara simbolis. Kemudian diteruskan dengan peninjauan stan-stan UMKM Kelurahan Dukuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya