SOLOPOS.COM - Seribuan orang turun bareng memperbaiki jalan persawahan dengan dilapis beton di Desa Burikan, Kecamatan Cawas, Klaten, Rabu (8/11/2023). (Istimewa/dokumentasi Babinsa Burikan)

Solopos.com, KLATEN — Seribuan orang turun bareng dan bergotong royong memperbaiki jalan persawahan dengan dilapis beton di Desa Burikan, Kecamatan Cawas, Klaten, Rabu (8/11/2023).

Kegiatan itu dilakukan sebagai Pra-Karya Bakti Mandiri Klaten Bersinar (KBMKB) ke-19 yang bakal digelar di Burikan. Selain betonisasi jalan, ada pembuatan talut juga pada program tersebut.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Betonisasi menyasar jalan persawahan yang selama ini masih berupa tanah hitam. Tujuannya untuk memudahkan warga terutama petani dalam mengangkut hasil panen.

“Bila panen saat musim hujan, petani harus menyewa jasa panggul menggunakan tenaga manusia hasil panen per sak Rp10.000. Karena kalau hujan [jalan] tidak bisa dilalui kendaraan,” kata Babinsa Burikan, Pelda Agus Setya Hartana, kepada Solopos.com, Rabu.

Betonisasi jalan persawahan di Burikan, Cawas, Klaten, itu melibatkan sekitar 1.053 orang terdiri dari berbagai unsur mulai dari warga, TNI, Polri, serta perangkat desa. Kepala desa (Kades) Burikan serta Camat Cawas juga terjun langsung dalam kegiatan pra-KBMKB itu.

Sebelumnya, Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0723/Klaten, Kapten Cba Budiono, melaksanakan rapat pleno KBMKB ke-19 di Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Klaten, Selasa (7/11/2023).

Pada kesempatan tersebut, Pasiter Kodim 0723/Klaten memaparkan seluruh rencana kegiatan KBMKB ke-19 kepada seluruh tamu undangan yang hadir.

KBMKB rencananya dilaksanakan di Desa Burikan, Kecamatan Cawas, mulai 16 November 2023 hingga 13 Desember 2023. Upacara pembukaan bakal digelar di Lapangan Desa Burikan.

Kapten Cba Budiono menyampaikan sasaran fisik KBMKB berupa betonisasi jalan persawahan di Burikan, Cawas, Klaten, sepanjang 488 meter, lebar 3 meter, dan tebal 15 sentimeter. Pembuatan talut sepanjang 672 meter, lebar 35 sentimeter, dan tinggi 1 meter.

Sasaran nonfisik yakni penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan bahaya kenakalan remaja, penyuluhan pencegahan hoaks, penyuluhan mitigasi bencana alam dan banjir.

“Kami berharap seluruh komponen yang terlibat dalam KBMKB dapat bekerja sama dengan baik agar seluruh sasaran dapat terselesaikan tepat waktu,” kata Pasiter berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Solopos.com dari Kodim Klaten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya