SOLOPOS.COM - Ketua KPU Solo, Bambang Christanto ketika ditemui wartawan di kantor KPU Kota Solo, Sabtu (6/1/2024). (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, SOLO — Logistik Pemilu 2024 berupa surat suara sudah tiba di gudang logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solo, Sabtu (6/1/2024). Logistik yang dimaksud adalah surat suara calon presiden dan calon wakil presiden dan calon anggota Dewan Pimpinan Daerah (DPD). Surat suara itu juga mencakup template alat bantu untuk tuna netra.

Ratusan ribu lembar surat suara tersebut diangkut truk dan tiba di kantor KPU Solo sekitar pukul 04.00 WIB. Kemudian baru dibongkar dan didata oleh petugas sekitar pukul 09.00 WIB. 

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Ketua KPU Solo, Bambang Christanto, mengatakan pembongkaran surat suara disaksikan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan aparat kepolisian.  

“Kemudian tinggal surat suara DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kota yang dicetak di PT Masmedia Buana Pustaka di Karanganyar,” kata dia ketika ditemui wartawan di KPU Solo, Sabtu.

Bambang mengatakan penunjukan tempat mencetak surat suara sepenuhnya ranah KPU pusat. Ia sudah mengecek proses pencetakan surat suara sekitar dua hari yang lalu ke PT Masmedia Buana Pustaka. 

“Yang loading baru Wonosobo, kemudian setelah itu Kota Jogja, kemudian Slemaan, dan yang terakhir Kota Solo yang perjanjiannya [selesai] tanggal 15 [Januari 2024], tetapi kemarin saya tanyakan akan dipercepat,” kata dia.

Terkait keamanan surat suara, Bambang menjelaskan aparat Polda Jateng mengawal pengiriman logistik tersebut ke gudang. Ketika surat suara sudah tersimpan di gudang, pengamanan menjadi ranah internal KPU Solo dan Polresta Solo.

Selain itu pihaknya juga sudah mempersiapkan gudang dan mengantisipasi musim hujan. Dia menjelaskan tidak ada kebocoran atap yang mengakibatkan surat suara rusak karena hujan lebat yang akhir-akhir ini mengguyur Solo.

“Kemarin teman-teman di gudang juga saya minta cek atapnya, apabila ada yang bocor segera ditutup. Alhamdulillah tidak ada logistik kotak [suara] dan bilik yang kena air hujan dan rusak,” lanjut dia.

Surat suara datang masih harus dihitung terlebih dahulu. Lalu pekan depan pihaknya akan rapat internal terkait skema proses perakitan kotak bilik dan skema sortir-lipat surat suara.

Lalu berdasarkan data yang diterima Solopos.com, kebutuhan surat suara PPWP, DPD, DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kota pada Pemilu 2024 di Kota Solo masing-masing berjumlah 448.656 untuk lima dapil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya