SOLOPOS.COM - Pengendara sepeda motor melintas di depan Kantor KPU Wonogiri, Selasa (4/7/2023). (Solopos/Muhammad Diky Praditia)

Solopos.com, WONOGIRI – Komisi Pemilihan Umum atau KPU Wonogiri mengadakan lomba cipta jingle dan maskot untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati atau Pilkada Wonogiri 2024. Pemenang lomba bakal diganjar hadiah uang tunai senilai total Rp45 juta.

Ketua KPU Wonogiri, Satya Graha, menerangkan lomba cipta jingle dan maskot Pilkada Wonogiri diselenggarakan secara terpisah. Artinya peserta bisa mengikuti salah satu lomba atau kedua lomba sekaligus.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Masing-masing kategori lomba akan diambil juara I, II, dan III dengan hadiah senilai total Rp45 juta. Namun, setiap peserta hanya berhak menjadi pemenang pada satu kategori lomba itu.

Satya menyebutkan dua lomba tersebut bertema Pilbup Wonogiri Handarbeni, Hangrungkebi, Hangrasawani. Lomba ini tidak dipungut biaya. Setiap peserta maksimal boleh mengirimkan dua karya pada masing-masing jenis lomba.

Konten karya dalam lomba itu tidak boleh menampilkan atau menyebutkan simbol apa pun yang berkaitan dengan partai politik atau pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Wonogiri 2024.

“Lomba ini terbuka untuk umum. Peserta lomba tidak harus warga Wonogiri, tetapi warga negara Indonesia,” kata Satya kepada Solopos.com, Minggu (7/4/2024).

Dia melanjutkan peserta lomba bisa mengirimkan karyanya mulai 5 April hingga 19 April 2024 melalui email kpuwng@gmail.com atau dikirim langsung ke Kantor KPU Wonogiri di Kelurahan Giriwono, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri.

KPU Wonogiri bakal mengumumkan tiga nominasi pemenang lomba dari masing-masing kategori lomba pada 24 April 2024. Kemudian mereka harus mempresentasikan hasil karya lomba mereka kepada dewan juri pada 25 April 2024 untuk menentukan juara I, II, dan III.

Pengumuman dan penerimaan hadiah lomba dilaksanakan pada 30 April 2024. Satya menjelaskan lomba ini dimaksudkan untuk mengangkat potensi kearifan lokal sebagai upaya memperkaya kreasi sosialisasi KPU Wonogiri dalam penyelenggaraan Pilkada 2024.

Selain itu mengajak  masyarakat Wonogiri berpartisipasi dan ikut menyemarakkan pemilihan umum lokal lima tahunan itu. Ketentuan lebih lanjut ihwal lomba tersebut dapat diakses di www.kab-wonogiri.kpu.go.id.

Menurut Satya, karya jingle dan maskot yang keluar sebagai juara I akan menjadi jingle dan maskot resmi Pilkada Wonogiri 2024 yang akan diselenggarakan pada November 2024 mendatang.

“Semua jingle dan maskot yang menjadi pemenang menjadi hak milik KPU Wonogiri dan akan digunakan sebagai materi sosialisasi Pilbup Wonogiri 2024,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya