SOLOPOS.COM - Warga berkumpul di lokasi pengangkatan mayat yang dikubur di ladang Dusun Ciman, Semagar, Girimarto, Wonogiri, Kamis (7/12/2023). (Istimewa)

Solopos.com, WONOGIRIPembongkaran kuburan dan penangkapan seorang warga Dusun Ciman, Desa Semagar, Kecamatan Girimarto, Wonogiri, berinisial SM, Kamis (7/12/2023), diduga berkaitan dengan hilangnya sejumlah orang.

Dari informasi yang dihimpun Solopos.com, ada dua orang yang dilaporkan hilang setelah bertemu SM pada 2022. Satu orang merupakan warga Kecamatan Jatipurno, Wonogiri, bernama Sunaryo, yang hilang secara misterius setelah bertemu SM pada April 2022.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Sedangkan satu orang lain diduga merupakan warga Klaten. Hal itu berdasarkan informasi dari sejumlah warga Ciman yang diwawancarai Solopos.com, Jumat (8/12/2023).

Menurut warga, saat pembongkaran kuburan di Ciman, Kamis, ada sejumlah orang dari Kabupaten Klaten yang datang ke lokasi. Saat itu warga Klaten itu tampak marah kepada SM yang juga dihadirkan saat pembongkaran dua kuburan manusia yang sudah menjadi kerangka itu.

Salah satu warga Dusun Ciman, Semagar, Girimarto, Wonogiri, Parni, yang berada di lokasi saat pembongkaran kuburan mengatakan ada sejumlah orang dari Klaten yang marah-marah kepada SM yang saat itu ditahan polisi. Beberapa pria itu berusaha menjangkau SM sembari mengucapkan kata-kata umpatan dengan nada tinggi.

Namun, polisi berhasil menahan agar warga Klaten tersebut tidak menjangkau SM. Informasi yang didapat Parni, ada seorang warga Klaten yang hilang setelah bertemu dengan SM pada 2022 lalu.

“Kemarin waktu pembongkaran kuburan itu ada orang dari Klaten yang ke sini ngamuk-ngamuk pengin nyekel SM,” kata Parni saat ditemui Solopos.com di Dusun Ciman, Jumat (8/12/2023).

Hilangnya Warga Jatipurno

Hal senada dikatakan Suyadi yang menyaksikan pembongkaran kuburan di bekas grajen milik SM di Dusun Ciman, Semagar, Girimarto, Wonogiri. Dia menyebut ada sejumlah warga yang tampak sangat kesal karena dihalangi polisi untuk mendekati SM.

Beberapa warga tersebut banyak mengeluarkan umpatan kepada SM. “Kabarnya memang ada orang Klaten yang hilang setelah bertemu SM. Itu terjadi sebelum Sunaryo [warga Kecamatan Jatipurno, Wonogiri] hilang setelah ketemu SM juga pada 2022,” kata Suyadi.

Sebelumnya, pria berinisial SM yang ditangkap polisi itu diduga memiliki kaitan dengan hilangnya seorang pria asal Jatipurno, Wonogiri, bernama Sunaryo. Pria 40 tahunan itu hilang secara misterius setelah mengembalikan mobil Grandmax milik warga Dusun Ciman, SM, yang digadaikan kepadanya pada April 2022.

Berdasarkan informasi kronologi yang diperoleh Solopos.com, saat itu Sunaryo pamit kepada keluarga hendak pergi ke rumah SM untuk mengembalikan mobil yang digadai. Sunaryo pergi dengan mengenakan baju koko putih lengan panjang dan sarung hitam.

Dari rumah SM, Sunaryo seharusnya pulang dengan membawa uang Rp40 juta. Namun, Sunaryo tidak pernah pulang ke rumahnya dan keberadaannya tidak diketahui. Keluarga mendapat kabar dari SM bahwa Sunaryo sudah diantarkan sampai ke Pasar Jatipurno.

Sehari setelah Sunaryo pergi, keluarganya menerima pesan singkat dari nomor telepon Sunaryo yang meminta uang senilai Rp4 juta. Tetapi keluarga tidak memenuhi permintaan itu. Keluarga Sunaryo juga dikabarkan mendapat ancaman sehingga muncul dugaan Sunaryo diculik.

Bahasan di Media Sosial

Kasus itu kemudian dilaporkan ke polisi. Saat dimintai konfirmasi Solopos.com, Sekdes Semagar, Tarmo, membenarkan warga berinisial SM yang ditangkap polisi pada Kamis lalu itu adalah orang menggadaikan mobil kepada Sunaryo, warga Jatipurno yang hilang.

Kendati demikian, dia tidak berani memastikan apakah penangkapan SM dan pembongkaran kuburan di ladang Dusun Ciman, Semagar, Girimarto, Wonogiri, itu berhubungan dengan hilangnya warga Jatipurno tersebut.

Sementara itu, kasus ini juga ramai jadi bahasan di media sosial X (sebelumnya Twitter). Berawal dari cuitan akun @ridwanhr di aplikasi X pada Kamis (7/12/2023) malam yang menyebut soal orang hilang dua tahun yang akhirnya ditemukan.

Barusan di desa sebelah ada orang hilang 2 tahun akhirnya ketemu. Ternyata dibunuh sama dukun pengganda uang di wonogiri, dikubur dibawah mesin kayu bersama 5 korban lainnya,” tulis pemilik akun tersebut.

Kemudian akun @budioktariawan membalas dengan mencantumkan thread dari akun @JUSTICE4SUNARYO. “Salah satu korbannya pak gub. 1 kelurahan sama saya,” tulisnya.

Thread dari akun @JUSTICE4SUNARYO berisi cerita kronologi hilangnya Sunaryo, warga Jatipurno, Wonogiri, pada 2022 lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya