SOLOPOS.COM - Ketua Kwarcab Kabupaten Karanganyar, Kurniadi Maulato, berfoto bersama Arvian Adi Saputro (kiri) dan Danis Nuraini Cahya (kanan) dari SMA Negeri 1 Karanganyar yang terpilih sebagai Duta Pramuka Kabupaten Karanganyar 2022. (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR–Musyawarah Cabang (Muscab) XI Gerakan Pramuka Karanganyar menetapkan Kurniadi Maulato sebagai Ketua Kwarcab periode 2024-2028. Kurniadi secara aklamasi kembali terpilih menakhodai Kwarcab Pramuka Karanganyar dalam Muscab XI yang berlangsung di rumah dinas bupati, Selasa (23/1/2024).

Muscab secara resmi dibuka oleh Penjabat (Pj) Bupati Karanganyar Timotius Suryadi selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Karanganyar.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Ketua Organisasi dan Hukum Kwartir Daerah Jawa Tengah, Heru Jatmika, Ketua Kwartir Cabang Karanganyar, Camat se-Kabupaten Karanganyar selaku Ketua Majelis Pembimbing Ranting, Ketua Kwartir Ranting, dan perwakilan dari Andalan, Utusan Kwaran, Kamabiran, Dewan Kehormatan, Gugus Darma, dan pelengkap dan pendukung Kwarcab Karanganyar dengan total peserta 127 orang.

Ketua Steering Commitee Muscab Kwarcab XI, Ponco Susilo mengatakan ada 18 pemilik suara dalam Muscab tersebut. Pemilik suara ini berasal dari 17 Kwaran ditambah satu suara Kwarcab. Dari 18 pemilik suara ini hanya muncul nama Kurniadi Maulato.

“Kurniadi Maulato secara aklamasi terpilih sebagai ketua Kwarcab Pramuka Karanganyar periode 2024-2028,” kata dia kepada Solopos.com, Rabu (24/1/2024).

Dalam muscab itu, pengurus periode 2018-2023 membacakan laporan pertanggungjawaban masa baktinya. Kemudian, dilakukan rapat pleno penetapan dan pengukuhan yang diikuti peserta muscab. Jumlah peserta tujuh orang dari kwarcab dan 17 perwakilan kwaran.

Wakil Ketua Organisasi dan Hukum Kwartir Daerah Jawa Tengah, Heru Jatmika, mengapresiasi kinerja pengurus Kwarcab Karanganyar di bawah komando Kurniadi Maulato dalam kontribusinya selama 5 tahun terakhir. Selain itu juga berharap Muscab bdapat menghasilkan rencana kerja Kwarcab yang kekinian namun bermakna.

‘’Dengan terpilihnya Ketua Kwarcab yang baru masa bakti 2023-2028, semoga bisa membawa kepramukaan di Kabupaten Karanganyar lebih berprestasi, beradaptasi, berinovasi serta berkarakter. Sehingga mampu menjaring minat anak muda untuk bergabung dalam pramuka,” katanya.

Pj Bupati Karanganyar Timotius Suryadi mengungkapkan Gerakan Pramuka yang berlandaskan Tri Satya dan Dasa Dharma merupakan pembangun karakter untuk mewujudkan cita-cita Indonesia menjadi negara dengan kekuatan ekonomi terbesar ke-4 di dunia.

Pramuka sebagai salah satu komponen bangsa, hendaknya senantias bersinergi dengan berbagai pihak untuk bersama-sama membangun bangsa ini lebih maju. “Mari kita dorong pramuka agar lebih baik lagi dalam kepengurusan, program kerja dan juga pertanggungjawabannya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya