SOLOPOS.COM - Ilustrasi mudik. (Freepik.com)

Solopos.com, WONOGIRI — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri mengirim dua unit bus ke Jakarta untuk program mudik gratis Lebaran 2024. Bus itu akan bergabung dalam program mudik gratis Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Wonogiri, Waluyo, mengatakan Pemkab menganggarkan Rp50 juta untuk menyediakan dua unit bus program mudik gratis Lebaran 2024.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Setiap unit bus berkapasitas 50 penumpang. Meski begitu, semua proses pendaftaran mudik gratis itu akan mengikuti mekanisme program mudik Mudik Kangen Mulih Seneng Pemprov Jawa Tengah.

“Kami hanya menyediakan busnya. Untuk programnya mengikuti Pemprov Jawa Tengah,” kata Waluyo saat dihubungi Solopos.com, Rabu (6/3/2024).

Menurut Waluyo, Pemkab Wonogiri baru kali pertama ini menganggarkan program mudik gratis setelah pandemi Covid-19. Untuk sementara ini belum ada rencana program arus balik gratis Lebaran 2024.

Dia berharap untuk tahun depan Pemkab Wonogiri bisa mengadakan program mudik gratis secara mandiri dan meningkatkan kuota bus. Hal itu mengingat banyak warga Wonogiri yang bekerja di perantauan.

Sementara itu, Pemprov Jawa Tengah melalui akun Instagram @penghubungjateng menyampaikan pendaftaran mudik gratis dibuka mulai Rabu (6/3/2024) pukul 09.00 WIH.

Ada tiga jalur pendaftaran mudik gratis yaitu pendaftaran online melalui laman Peda Mateng dengan kuota sebanyak 48 bus bantuan dari Gubernur Jawa Tengah, Bank Jateng, dan PT Semen Gresik.

Jalur pendaftaran ini khusus bagi pekerja sektor informal seperti ojek online, asisten rumah tangga, dan buruh. Pendaftar hanya perlu menyertakan foto KTP yang menunjukkan warga Jawa Tengah. Satu orang bisa mendaftarkan rombongan maksimal empat orang.

Perkumpulan Perantau

Kemudian jalur pendaftaran melalui perkumpulan perantau Jawa Tengah di Jabodetabek. Syarat pendaftaran jalur ini hanya warga Jawa Tengah yang terkoordinasi melalui parkumpulan perantau.

Kuota bus untuk jalur pendaftaran ini sebanyak 130 bus bantuan dari bupati/wali kota di Jawa Tengah, Jasa Raharja, dan Perum Perumnas. Selanjutnya jalur pendaftaran yang disediakam Bank Jateng.

Warga Jawa Tengah yang merantau di Jabodetabek bisa langsung mendaftar secara offline di Bank Jateng cabang Jakarta. Syarat pendaftaran jalur ini yaitu harus menjadi nasabah Bank Jateng.

Adapun jadwal keberangkatan bus program mudik gratis Lebaran ini yakni Sabtu (6/4/2024) di Museum Purna Bakti Pertiwi TMII Jakarta Timur.

Kepala Terminal Tipe A Giri Adipura Wonogiri, Agus Hasto, menerangkan secara umum terminal Wonogiri sudah siap menerima kedatangan penumpang mudik Lebaran 2024. Pengelola terminal sudah menyiapkan sarana dan prasarana termasuk mengadakan ramp check rutin.

Dia menerangkan sejauh ini belum ada lonjakan jumlah penumpang menjelamg Ramadan 2024. Pada umumnya, lonjakan kedatangan penumpang di Wonogiri terjadi mulai H-7 sebelum Lebaran.

Informasi yang dia dapatkan, para calon penumpang sudah mulai memesan tiket bus mudik Lebaran untuk keberangkatan H-7 sampai H-1 Lebaran.

“Kami sudah menyiapkan untuk kedatangan penumpang mudik. Nanti ada petugas kesehatan yang stand by di sini saat musim mudik dan arus balik,” kata Agus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya