SOLOPOS.COM - Satu unit bus memasuki Terminal Tipe A Ir Soekarno, Klaten, beberapa waktu lalu. (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Terminal Tipe A Ir Soekarno Klaten melayani ribuan pemudik ketika arus mudik maupun Lebaran 2024. Jumlah pemudik pada Lebaran tahun ini disebut meningkat dibandingkan Lebaran 2023 lalu.

Petugas Pengelola Teknologi Informasi (TI) Terminal Tipe A Ir Soekarno Klaten, Saryana, mengatakan puncak arus balik sudah terjadi pada Jumat-Minggu (12-14/4/2024).

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Dia mengatakan pada Jumat sudah ada peningkatan jumlah penumpang berangkat sebanyak 600 orang. Lalu pada Sabtu jumlahnya meningkat drastis jadi 1.300 orang. Sedangkan puncak arus balik pada Minggu ada 1.600 orang yang berangkat naik bus dari Terminal Ir Soekarno Klaten.

“Minggu itu puncaknya, ada sekitar 600 bus yang masuk dan jumlah penumpang mencapai 1600-an,” kata Saryana ketika ditemui Solopos.com di Terminal Ir Soekarno, Senin (15/4/2024).

Sedangkan pada Senin, berdasarkan pantauan Solopos.com, Terminal Ir Soekarno sudah mulai lengang. Saryana menyebut pada Senin sudah terjadi penurunan jumlah penumpang dengan total sama seperti Jumat lalu sekitar 600 orang.

Meski puncak arus balik sudah terlewati, dia memprediksi masih akan ada pemudik yang balik ke perantauan meski jumlahnya tidak akan banyak. “Sepekan ke depan itu masih akan ada [pemudik], tapi jumlahnya cenderung flat ya, atau jumlahnya datar. Biasanya seperti itu,” kata dia.

Dia mengatakan daerah tujuan penumpang saat arus balik Lebaran kebanyakan wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Meski begitu ada juga yang menuju kota lain seperti Surabaya, Bali, dan Lampung namun tidak banyak.

Suryana mencatat kecenderungan mudik pada Lebaran tahun ini meningkat jika dibandingkan 2023 lalu. Menurutnya, warga semakin antusias menggunakan moda transportasi darat terutama bus.

“Ada kenaikan, jadi tahun kemarin [2023] puncak arus balik itu jumlahnya sekitar 1.400 penumpang [dalam sehari], nah sekarang ini [2024] puncaknya kan 1.600-an penumpang. Jadi tahun ini lebih ramai,” kata dia.

Dia mengatakan selama masa angkutan arus mudik dan arus balik Lebaran 2024 tidak ada kendala berarti dalam pelayanan pemudik. Jauh-jauh hari sudah disiapkan membuat posko menggandeng sejumlah pihak baik dari kepolisian, Dinas Kesehatan, maupun institusi terkait lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya