SOLOPOS.COM - Hamparan sawah dan latar belakang Gunung Merapi menjadi pemandangan indah yang siap memanjakan para pemudik di tol fungsional Solo-Jogja wilayah Desa Manjungan, Kecamatan Ngawen, Klaten, Rabu (3/4/2024). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Para pemudik maupun masyarakat yang melintas di tol fungsional Solo-Jogja saat arus mudik maupun balik lebih bakal dimanjakan pemandangan (view) indah di sisi kanan dan kiri ruas jalan tersebut.

Seperti diketahui, tol Solo-Jogja bakal dibuka secara fungsional pada arus mudik dan balik Lebaran 2024 mulai Jumat (5/4/2024). Sepanjang perjalanan, para pemudik bakal disuguhi pemandangan berupa hamparan sawah serta Gunung Merapi dan Merbabu di sisi barat.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Tol Solo-Jogja dibuka secara fungsional pada arus mudik dan balik Lebaran 2024 pada Jumat-Senin (5-15/4/2024). Jalur tol yang dibuka dari GT Colomadu/GT Banyudono dan lokasi keluar di Ngawen, Klaten, yang menyambung di ruas jalan Klaten-Jatinom.

Di sepanjang perjalanan dari arah Kartasura menuju Ngawen, mayoritas pemandangan di sisi kanan dan kiri berupa hamparan persawahan. Di wilayah Desa Beku, Kecamatan Karanganom, terlihat area permakaman baru yang menjadi lokasi pemindahan makam lama yang terkena proyek tol.

Ketika kondisi cerah dan tak tertutup awan, puncak Gunung Merapi dan Merbabu terlihat jelas di sepanjang perjalanan pada sisi kanan ketika melaju dari arah Kartasura menuju Ngawen.

Menariknya, di sepanjang perjalanan pemandangan tak terhalang jembatan penyeberangan. Konstruksi tol berupa timbunan tanah dan ruas jalan arteri yang bersimpangan berada di bawah tol.

Tol Solo-Jogja yang dibuka secara fungsional sepanjang 22 kilometer (km) dari GT Colomadu hingga Ngawen. Ada dua titik keluar tol di Klaten yakni di Ngawen yang terhubung ke jalan Klaten-Jatinom dan di Kuncen, Kecamatan Ceper, yang terhubung dengan jalan raya Solo-Jogja.

Patuhi Rambu-rambu

Tol fungsional bakal dibuka selama 11 hari mulai Jumat (5/4/2024) hingga Senin (15/4/2024). Tol dioperasikan mulai pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB setiap harinya. Jalur fungsional hanya diberlakukan satu arah dan gratis.

Pada Jumat-Kamis (5-11/4/2024), arus lalu lintas yang diberlakukan dari GT Colomadu atau GT Banyudono ke Ngawen. Pada Jumat-Senin (12-15/4/2024), arus lalu lintas diberlakukan sebaliknya.

Kapolres Klaten, AKBP Warsono, menjelaskan secara umum tol fungsional siap dilintasi untuk arus mudik dan balik Lebaran. Namun, dia mengingatkan agar para pengemudi yang melintas tol fungsional mematuhi rambu-rambu yang dipasang di sepanjang perjalanan.

Rambu-rambu itu di antaranya batas kecepatan maksimal 40 km/jam, hati-hati ada perbedaan tinggi jalan, hingga mengurangi kecepatan mendekati lokasi perpindahan jalur.

“Kami imbau agar pemudik siapkan fisik kendaraan harus dalam kondisi prima, kondisi pengemudi juga tetap dijaga. Patuhi rambu-rambu di tol fungsional serta patuhi spesifikasi kendaraan sesuai standar,” jelas Kapolres di sela simulasi pengoperasian tol fungsional di Ngawen, Rabu (3/4/2024).

Staf Pengendalian Proyek PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ), Sayyid Muhammad, mengatakan persiapan tol Solo-Jogja dibuka secara fungsional terus dilakukan hingga Kamis (4/4/2024).

Petugas masih merapikan serta menambah rambu-rambu di sepanjang jalan tol yang bakal dibuka secara fungsional pada arus mudik dan balik Lebaran tahun ini. “Kami juga lakukan pembersihan jalur untuk mengurangi debu,” kata Sayyid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya