SOLOPOS.COM - Petugas mengecek kesiapan jalur fungsional tol Solo-Jogja di dekat exit tol Kuncen, Ceper, Klaten, Kamis (21/12/2023). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Para pelaku perjalanan pada libur Natal dan Tahun Baru atau Nataru 2023-2024 yang melintas tol fungsional Solo-Jogja dari Kartasura sampai Klaten diimbau menaati aturan termasuk rambu-rambu dan batas maksimal kecepatan.

Selain itu, pengendara diminta tak melakukan aksi saling menyalip. Jalur fungsional bakal dibuka mulai Jumat (22/12/2023) hingga Rabu (3/1/2024). Lalu lintas berlaku searah baik saat mudik maupun balik dengan waktu pengoperasian pukul 06.00 WIB-17.00 WIB setiap harinya.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Ruas tol dibuka sepanjang 13 km dari Kartasura dengan pintu masuk lewat GT Colomadu (dari tol Transjawa) dan GT Banyudono (dari jalur arteri Solo-Semarang dan Kartasura kemudian keluar di pintu tol Kuncen, Ceper, Klaten, saat arus mudik.

Saat arus balik berlaku arah sebaliknya. “Jenis kendaraan yang diperbolehkan melintas adalah kendaraan roda empat golongan I nonbus dan nontruk. Pengoperasian satu arah saja. Kami batasi kecepatannya 40 km/jam saja,” kata Pimpinan Proyek PT Jasamarga Jogja Solo, M Ahdal Masruhin, saat ditemui wartawan di sela pengecekan di exit Kuncen Klaten, Kamis (21/12/2023).

“Jadi mohon hati-hati, karena ini masih fungsional, tidak usah ngebut-ngebut. Kami imbau jangan [saling] mendahului,” imbuh Ahdal. Ia mengatakan kecepatan kendaraan dibatasi lantaran pengoperasian tol itu masih bersifat fungsional.

Dari segi fisik sudah sesuai, namun kelengkapan jalan belum lengkap. “Makanya demi keamanan semua kami batasi kecepatannya supaya pengguna jalan bisa aman, lancar, dan nyaman,” jelas dia.

Ahdal mengatakan waktu tempuh lewat tol fungsional Solo-Jogja lebih cepat dibandingkan lewat jalur arteri. Dia sudah melakukan uji coba dengan titik awal dan finis yang sama untuk membandingkan waktu perjalanan lewat tol fungsional dengan jalan arteri.

Penghematan waktunya sekitar 15 menit. “Kalau dari sisi penghematan waktu dengan kondisi sekarang, lewat jalur fungsional ini menghemat separuh lebih. Kalau lewat arteri sekitar 30 menit, sedangkan kalau lewat ini sekitar 15 menit,” jelas dia.

Waspadai Pertemuan Jalan dan Jembatan

Ahdal mengatakan secara umum tol fungsional Solo-Jogja siap dilintasi mulai Jumat (22/12/2023) hingga Rabu (3/1/2024). Namun, dia tetap mengimbau pengendara yang melintas mengutamakan kehati-hatian.

Ahdal juga mengingatkan pengendara mewaspadai beberapa bagian seperti pertemuan antara jalan dengan jembatan. Ada beberapa lokasi ketika masuk jembatan belum smooth.

“Nanti ada rambu-rambu pengarah untuk menurunkan kecepatan kemudian tidak boleh saling mendahulu. Ada beberapa lokasi jembatan. Ada sekitar lima atau enam jembatan. Tetapi tidak perlu khawatir, kondisi jembatan aman dan kami smooth-kan juga,” kata Ahdal.

Dia menambahkan sepanjang 13 km jalur tol fungsional Solo-Jogja sudah sesuai dengan ketentuan, tidak ada tanjakan ekstrem di sepanjang jalur itu. “Desainnya sudah sesuai dengan standar BPJT [Badan Pengatur Jalan Tol], Bina Marga juga. Di tol itu tanjakan maksimal sekitar 4 persen. Untuk tol Solo-Jogja semua rata-rata di bawah 3 persen,” kata dia.

Sebagai informasi, tol fungsional Jogja-Solo mulai dari Kartasura hingga Karanganom dibuka sepanjang 13 km untuk memperlancar arus mudik dan balik libur Nataru mulai Jumat (22/12/2023) hingga Rabu (3/1/2024). Pengoperasian fungsional tanpa tarif ini untuk mendukung pelayanan transportasi.

Jalur tol dibuka pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB. Hanya kendaraan roda empat golongan 1 nonbus dan nontruk yang boleh melintas. Kendaraan berat tidak diperbolehkan. Kecepatan maksimum juga dibatasi maksimal 40 km/jam.

PT JMJ menyiagakan sarana dan prasarana seperti pos layanan informasi siaga dan beberapa petugas di antaranya patroli jalan raya (PJR), mobile service costumer (MSC), ambulans, BBM Mobile,toilet portable, serta derek gratis hingga exit tol terdekat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya