SOLOPOS.COM - Kondisi  Panti Asuhan Rumah Lentera di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bhakti di Kecamatan Jebres, Solo, Selasa (16/5/2023).  Panti Asuhan Rumah Lentera bakal dipindah dengan adanya revitalisasi  TMP Kusuma Bhakti. (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Pengelola Panti Asuhan Rumah Lentera tidak mempersoalkan direlokasi dari Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bhakti ke lokasi lain. Lahan TMP Kusuma Bhakti bakal disulap menjadi lahan parkir dan gedung serbaguna.

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo berencana mempercantik kawasan TMP Kusuma Bhakti menggunakan dana hibah Uni Emirat Arab (UEA). Lahan seluas 2.300 meter persegi itu bakal dibangun fasilitas parkir kendaraan bermotor. Di sisi lain, Panti Asuhan Rumah Lentera terletak di area kawasan TMP Kusuma Bhakti.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Dengan adanya rencana pembangunan itu, otomatis panti asuhan yang menampung anak pengidap HIV/AIDS mereka harus dipindah ke relokasi lain. “Tidak ada persiapan khusus terkait relokasi panti asuhan. Yang penting lokasi yang baru cukup memadai untuk mengasuh anak pengidap HIV/AIDS. Sekarang jumlah anak di panti asuhan puluhan anak,” kata seorang pengelola Panti Asuhan Rumah Lentera, Yunus Prasetyo, Sabtu (18/11/2023).

Informasi terbaru, Panti Asuhan Rumah Lentera bakal dipindah ke SDN Belik di Kelurahan Purwodiningratan, Kecamatan Jebres. Siswa SDN Belik bergabung dengan sekolah lain. Saat ini, Dinas Sosial (Dinsos) Solo tengah menyiapkan beragam fasilitas untuk anak pengidap HIV/AIDS.

“Mungkin mempersiapkan ruang belajar, kamar mandi dan kamar tidur. Sementara lainnya nanti bisa menyusul,” ujar dia.

Sementara itu, Kepala Dinsos Solo, Agus Santoso, mengatakan fasilitas parkir di lahan TMP Kusuma Bhakti diproyeksikan untuk menampung bus wisatawan yang berkunjung ke Kota Solo, terutama Solo Safari. Selama ini, fasilitas kantong parkir yang luas di sekitar Solo Safari menjadi persoalan pengembangan sektor pariwisata.

Pemkot Solo dan Pemerintah Kelurahan Purwodiningratan segera menyosialisasikan rencana pemindahan Panti Asuhan Rumah Lentera ke bangunan SDN Belik. “Pembangunan fasilitas parkir dan gedung serbaguna di lahan TMP Kusuma Bhakti direncanakan pada 2024. Jadi sekarang mulai persiapan, terutama aktivitas yang perlu dipindah seperti Panti Asuhan Rumah Lentera,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya