SOLOPOS.COM - Ketua KPU Sragen, Minarso. Foto diambil Senin (19/12/2022). (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo)

Solopos.com, SRAGEN — Lima anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sragen berpeluang memperpanjang jabatan untuk periode 2023-2028. Mereka dinyatakan lolos masuk daftar 20 besar calon komisioner KPU Sragen.

Selain mereka, ada anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sragen, Raras Mulatsih Dwi Kristianti, yang juga masuk dalam daftar 20 besar setelah lolos tes tertulis dan tes psikologis. Ada juga seorang  pejabat eselon III Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen yang juga masuk daftar.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, mengaku hanya memberikan izin tertulis kepada satu  PNS karena dalam waktu tidak lama lagi akan masuk masa pensiun. “Yang izin saya hanya Pak Darmawan,” ujar Yuni, sapaan Bupati, kepada Solopos.com, belum lama ini.

Lima komisioner petahana yang lolos 20 besar terdiri atas Minarso, Mukhsin, Nanang Tetuka, Prinatoro P.N., dan Suwarsono. Minarso yang menjabat Ketua KPU Sragen mengaku kembali mendaftar karena ingin terus menjadikan penyelenggara pemilu sebagai profesinya.

Sebelum menjadi komisioner KPU, Minarso adalah guru Bahasa Inggris di MTsN 4 Sragen selama 24 tahun delapan bulan. Ia pensiun pada 1 Januari 2022.

“Saya sadar sepenuhnya  menjadi guru adalah bagian yang tidak dapat saya tinggalkan begitu saja. Bedanya, dulu saya mengajar Bahasa Inggris, sekarang saya mengajar ilmu demokrasi dan kepemiluan untuk masyarakat luas. Jadi di KPU itu saya juga jadi guru,” katanya.

Dia menyatakan ingin menjadi penyelenggara pemilu yang professional, sesuai peraturan perundang-undangan.

Sementara anggota Bawaslu Sragen, Raras Mulatsih Dwi Kristianti, tidak menyangka bisa lolos 20 besar. “Keduanya [KPU dan Bawaslu] sama-sama menantang, tetapi di KPU belum pernah saya jalani. Kalau Bawaslu itu kan ke masyarakat dan peserta pemilu, sedangkan KPU lebih ke teknisnya,” jelasnya.

Berikut Daftar 20 besar calon komisioner KPU Sragen

  1. Benny Sri Sadono
  2. Darmawan
  3. Eko Mulyono
  4. Fitriaji Nur Hidayat
  5. Gunawan Sumarsono
  6. Heru Cahyono
  7. Heru Susanto
  8. Irwan Sehabudin
  9. Joko Wahono
  10. Zainal Arifin
  11. MH Isnaeni
  12. Minarso
  13. Rois Fathurohim
  14. Mukhsin
  15. Nanang Tetuka
  16. Nursukiskiyanto
  17. Prihantoro P.N.
  18. Raras Mulatsih Dwi Kristianti
  19. Shandy Agita Yoga Kusuma
  20. Suwarsono

Sumber: Pengumuman Hasil Seleksi Calon Komisioner KPU Sragen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya