SOLOPOS.COM - Petilasan Sunan Kalijaga di Dukuh Sepi, Barepan, Cawas, Klaten yang didatangi warga pada malam pergantian Tahun Islam atau Sura, Selasa (18/7/2023). (Istimewa)

Solopos.com, KLATEN — Ribuan warga berdatangan ke Petilasan Sunan Kalijaga di Dukuh Sepi, Barepan, Cawas, Klaten pada malam pergantian tahun Islam atau Sura, Selasa (18/7/2023).

Mereka datang guna berziarah dan napak tilas tempat sejarah salah satu wali songo tersebut. Di Dukuh Sepi Barepan Cawas, terdapat sebuah batu besar yang konon diyakini sebagai Petilasan Sunan Kalijaga saat singgah dan melakukan ibadah salat di kampung tersebut.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kepala Desa (Kades) Barepan, Irmawan Andriyanto, mengatakan warga mulai berdatangan ke Petilasan Sunan Kalijaga selama sepekan terakhir menjelang pergantian tahun Islam. Mereka yang datang untuk ziarah tidak hanya dari wilayah Cawas, tetapi juga banyak yang berasal dari luar daerah.

Di kesempatan Sura ini, warga setempat juga membuat makanan khas, yaitu legondo. Makanan ini berbahan baku dari ketan dicampur dengan parutan kelapa yang dibalut atau dibungkus oleh janur kemudian direbus hingga matang.

Dalam kesempatan itu banyak pelaku UMKM yang menjajakan dagangannya mulai dari aksesori hingga makanan jadul alias zaman dulu. Sehingga suasananya tramai bak pasar malam.

“Ini sangat ramai sekali momen pergantian Tahun Islam 1445 H. Warga datang ke Petilasan Sunan Kalijaga untuk melakukan ziarah. Bahkan ada yang datang tengah malam. Warga yang datang dari berbagai daerah, ada yang dari Weru, Gunungkidul, bahkan pernah dari Banten,” ucap Irmawan Andriyanto dalam siaran pers yang diterima Solopos.com, Rabu (19/7/2023).

Momen pergantian Tahun Islam 1445 ini sekaligus menjadi magnet tersendiri untuk mendongkrak perekonomian masyarakat sekitar setelah vakum beberapa waktu adanya pandemi Covid-19.

“Datangnya Tahun Baru Islam atau 1 Sura disambut meriah oleh segenap kalangan di Barepan Cawas. Kegiatan inipun terbukti mampu mendongkrak kunjungan wisatawan hingga 10.000 pengunjung yang datang ke Petilasan Sunan Kalijaga ini. Saya harap perekonomian masyarakat bisa meningkat,” kata Irmawan Andriyanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya