SOLOPOS.COM - Mantan Sekda Sragen Tatag Prabawanto menunjukkan map yang berisi formulir pendaftaran bakal cabup/cawabup di DPC Partai Gerindra Sragen, Rabu (22/5/2024). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN-Mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Sragen Tatag Prabawanto mengambil formulir pendaftaran bakal calon bupati (cabup)/calon wakil bupati (cawabup) ke DPC Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) pada hari pertama pembukaan pendaftaran, Rabu (22/5/2024).

Seorang konsultan keuangan APBD yang juga pengusaha asal Kragilan, Gemolong, Sragen, Mulyono, menyusul ikut mengambil formulir pendaftaran setelah Tatag keluar dari ruangan. DPC Partai Gerindra Sragen membuka pendaftaran bakal cabup/cawabup pada pukul 14.00 WIB. Pada waktu itu pula langsung ada dua orang yang mengambil formulir pendaftaran yang terdiri atas tiga lembar.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Tatag datang ke Kantor DPC Partai Gerindra Sragen yang terletak di Jl. Raya Sukowati Sine, Sragen, pada pukul 13.30 WIB. Tatag tiba di DPC dengan mengendarai motor trail Suzuki TS 125 cc berpelat nomor AD 2007 QY.

Saat pengambilan formulir itu, Tatag diterima Ketua DPC Partai Gerindra Sragen Wahyu Dwi Setyaningrum didampingi Ketua Desk Pilkada DPC Partai Gerindra Sragen Joko Supriyanto dan struktur DPC Partai Gerindra Hagung Susilo Bayu Aji. Diskusi yang terjadi secara tertutup dengan Tatag itu berlangsung lebih dari satu jam.

Begitu Tatag membuka pintu sudah disambut wartawan yang menunggu di depan kantor DPC Partai Gerindra Sragen. Tatag menolak untuk diwawancarai. Setelah didesak wartawan, Tatag baru buka mulut bahwa dia sengaja mengambil formulir karena suka-suka.

“Suka-suka saya. Pilih di Gerindra juga suka-suka saya. Kenapa? karena saya suka,” ujar Tatag sembari menaiki motornya.

Dia menyampaikan baru mengambil formulir di DPC Partai Gerindra Sragen saja sudah heboh. Dia mengaku hanya membawakan formulir. Soal pilihan bakal cabup atau cawabup, Tatag menyampaikan menunggu petunjuk dari Tuhan. “Saya hanya bawakan formulir saja. Siapa pun yang…. Hehehehe,” katanya seraya meninggalkan Kantor DPC Partai Gerindra Sragen.

Seorang konsultan keuangan APBD yang juga Wakil Ketua Dewan Penasihat DPC Partai Gerindra Sragen, Mulyono, mengambil formulir berikutnya. Dia menyatakan pilihan bakal cabup atau cawabup itu akan terlihat ketika mengembalikan berkas formulir ke DPC. Dia menyampaikan keputusan mengambil formulir itu dilakukan karena merasa bagian dari Partai Gerindra. Dia berkeinginan sebagai bagian Partai Gerindra ikut serta membangun Sragen bersama-sama.

“Saya bagian dari partai yang harus siap. Saya nanti dibantu Gerindra dan soal dana juga ada. Saya menjadi kader Partai Gerindra sejak 2019. Saya dulu pernah maju menjadi caleg di Provinsi Jateng. Saya kenal Gerindra sejak di Papua Barat saat berjuang memenangkan gubernur dari Partai Gerindra juga,” ujar Mulyono yang memiliki latar belakang pendidikan sarjana akuntansi dari Jogja dan lulus pada 2006.

ambil formulir gerindra sragen
Pengusaha asal Gemolong, Sragen, Mulyono, membawa map DPC Partai Gerindra Sragen saat mengambil formulir di DPC Partai Gerindra Sragen, Rabu (22/5/2024). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Sementara itu, Ketua DPC Partai Gerindra Sragen Wahyu Dwi Setyaningrum menyampaikan pendaftaran dilakukan mulai Rabu ini hingga 5 Juni 2024 mendatang. Dia mengatakan Gerindra baru buka pendaftaran bakal cabup-cawabup itu harus menunggu instruksi DPD Partai Gerindra Jawa Tengah. Dia menerangkan pendaftaran ini terbuka untuk umum dan bebas terbuka, baik untuk internal dan eksternal partai.

“Saya sendiri insyaAllah juga akan mengambil untuk saya sendiri. Pengambilan formulir harus orang yang bersangkutan, tidak boleh diwakilkan. Saya kira dari partai lain juga memiliki calon sendiri. Itu nanti yang dikomunikasikan dengan partai lain untuk membentuk koalisi. Sampai sekarang sudah komunikasi ke semua parpol di Sragen,” jelasnya.

Wahyu menyampaikan dalam pendaftaran tidak ada syarat khusus, kecuali saat menyerahkan berkas pendaftaran harus sudah beranggotakan Partai Gerindra. Dia mengatakan banyak tokoh eksternal yang menanyakan pendaftaran Gerindra, termasuk nama Untung Wina Sukowati juga mau ambil formulir.

“Kemarin Mbak Wina sudah komunikasi. Kalau buka pendaftaran diminta memberitahu,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya